DETAIL KOLEKSI

Kajian konsep desain interior PAUD berkebutuhan khusus ( inklusi ) dengan pendekatan metode montessori

5.0


Oleh : Siti Febrina Rahmadani

Info Katalog

Nomor Panggil : 006/MDP/2021

Subyek : School buildings - Decoration and ornament;Interior design

Penerbit : FSRD - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2021

Pembimbing 1 : Sangayu Ketut Laksemi

Pembimbing 2 : Ahadiat Joedawinata

Kata Kunci : interior design, PAUD with special needs, montessori method approach

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2021_TS_MDP_19201910011_Halaman-Judul.pdf-1.pdf 18
2. 2021_TS_MDP_19201910011_Pengesahan.pdf 3
3. 2021_TS_MDP_19201910011_Bab-1-Pendahuluan.pdf 6
4. 2021_TS_MDP_19201910011_Bab-2-Kajian-pustaka.pdf 19
5. 2021_TS_MDP_19201910011_Bab-3-Metode-penelitian.pdf 10
6. 2021_TS_MDP_19201910011_Bab-4-Hasil-dan-pembahasan.pdf 78
7. 2021_TS_MDP_19201910011_Bab-5-Kesimpulan-dan-saran.pdf 3
8. 2021_TS_MDP_19201910011_Daftar-Pustaka.pdf 2
9. 2021_TS_MDP_19201910011_Lampiran.pdf 3

H Hak untuk memperoleh pendidikan anak usia dini tidak hanya berlaku bagi anakreguler tetapi juga bagi anak yang memiliki hambatan khusus, dengan memperolehpendidikan yang inklusif. Hal ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepadasetiap anak untuk memperoleh pendidikan tanpa diskriminasi dan menekankanpada konsep keberagaman. Terdapat metode pendidikan yang dinilai mampu dapatdiimplementasikan pada sekolah dengan sistem inklusi, yaitu metode Montessori.Montessori percaya bahwa setiap anak memiliki keunikannya masing-masing danbelajar sesuai kemampuannya masing-masing. Pada penelitian ini akan mengambilstudi kasus Sekolah Aluna Montessori, yaitu sekolah inklusi yang menerapkanmetode Montessori. Permasalahan disini terletak pada beragamnya anak-anak yangmemiliki kebutuhan khusus dengan perilaku yang berbeda-beda. Lalu bagaimanadesain interior dapat memfasilitiasi kegiatan belajar mengajar di ruang kelas, sesuaidengan kebutuhan setiap anak berdasarkan kurikulum Montessori. Sehingga, padapenilitian ini bertujuan mengkaji lebih dalam untuk mengetahui ruang kelas sekolahinklusi dengan metode Montessori, yang sesuai dengan kebutuhan setiap anak.Metode penelitian yang dipilih adalah metode deskriptif kualitatif, gunamendapatkan gambaran yang lebih komperhensif mengenai perilaku danlingkungan fisik yang terkait dengan subjek dan objek penelitian. Kemudian datadatayang sudah diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi akandianalisis menggunakan teknik triangulasi, agar menghindari bias individualpeneliti terhadap hasil penelitian. Berdasarkan hasil penelitian ditemukannyagangguan bagi anak berkebutuhan khusus dalam menangkap stimulus dari interiorruang kelas Sekolah Aluna Montessori. Maka, disimpulkan sebuah konsep desainyang dapat mereduksi gangguan-gangguan tersebut, agar terciptanya interior ruangyang aman, dan nyaman bagi semua anak.

T The right to obtain an early childhood education doesn’t only apply to regularchildren, but also to children who have special barriers by obtaining an inclusiveeducation. It aims to provide opportunities for every child to get an educationwithout discrimination and emphasizes the concept of diversity. There is aneducational method that is considered capable of being implemented in schoolswith an inclusive system, namely the Montessori method. Montessori believes thatevery child is unique and learns according to their own abilities. In this study, wewill take a case study of the Aluna Montessori School, which is an inclusive schoolthat applies the Montessori method. The problem here lies in the variety of childrenwho have special needs with different behaviors. Then, how interior design canfacilitate teaching and learning activities in the classroom, according to the needsof each child based on the Montessori curriculum. Thus, this study aims to examinemore deeply to find out the inclusive school classrooms with the Montessori method,which are in accordance with the needs of each child. The research method chosenis a descriptive qualitative method, to get a more comprehensive picture of thebehavior and physical environment related to the subject and object of research.The data that have been obtained through observation, interviews, anddocumentation will be analyzed using triangulation techniques, to avoid theresearcher's personal bias against the research results. Based on the results of thestudy, it was found that there were disturbances in children with special needs incapturing stimuli from the interior of the Aluna Montessori School classroom. So,it was concluded that a design concept that can reduce these disturbances, to createa safe and comfortable interior for all children.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?