Kajian desain logo IBM Tahun 1972 sebagai brand global
L Logo merupakan karya desain yang sering dijumpai sehari-hari, padaumumnya logo berukuran kecil dan sederhana namun mewakili sesuatu yang jauhlebih besar. Di dalam logo bisa terkandung visi, misi, karakter, dan kepribadianentitas yang diwakilinya, dan salah satu logo yang terkenal adalah logo IBM.IBM adalah sebuah perusahaan yang telah berusia satu abad lebih, namuntetap eksis hingga sekarang. Terlebih lagi, IBM termasuk dalam tiga besarperusahaan multinasional dengan nilai brand tertinggi di dunia dan berlangsungselama lebih dari satu dekade berturut-turut. Melihat hal tersebut, logo IBMtentulah menyimpan keistimewaan karena ia mewakili perusahaan yang istimewa.Penelitian ini diadakan untuk mengungkap apa yang terdapat di dalam logo IBM:bagaimana aspek formalistiknya, dan bagaimana aspek pemaknaannya.Pendekatan yang dilakukan adalah dengan mengevaluasi objek penelitianmenggunakan kriteria, prinsip, dan fenomena umum teori-teori keilmuan, yaituDesain Grafis, Persepsi Visual, dan Semiotik. Pengkajian diperkaya dengantinjauan pustaka dari penelitian yang pernah dilakukan oleh pihak lain.Metode penelitian kualitatif diawali dengan menelusuri jejak sejarahperusahaan IBM dan logonya, sebagai landasan untuk menganalisa secara teoritisaspek formalistik dan pemaknaan. Secara formalistk terindikasi bahwa logo IBMefektif dari segi penampilan visual, dan secara aspek pemaknaan logo IBMmengandung tiga dimensi mitos yang bersifat afektif, kognitif dan konatif.
L Logo is a design works we often see everyday. Generally, a logo has asmall size and simple form but represents something much larger. Logo couldcontains vision, mission, character, and personality of the entity it represents, andone of the famous logo is IBM logo.IBM is an over century years old company, but still exist until today.Even more, IBM is one of the top three multinational companies with a highestbrand value more than a decades. Seeing these, IBM logo should have somethingspecial because it represents a special company. This research was conducted touncover what is inside the IBM logo: how is the formalistic and significationaspects.The approach is by evaluating the object of research using criteria,principles, and the general phenomenon of scientific theories: Graphic Design,Visual Perception, and Semiotics. The assessment enriched with literature reviewof researches that have been done by others.The qualitative methods of this research begins with probing the historyof IBM company and its logo, as the foundation to analyzing the formalistic andsignification aspects theoreticaly. As formalistk aspects indicated, IBM logo iseffective in visual appearance, and the signification aspects indicated that IBMlogo comprises three-dimensional myth that is affective, cognitive and conative.