Pengaruh organizational commitment terhadap individual creativity yang dimediasi oleh organizational citizenship behaviour dan knowledge sharing di industri perbankan Indonesia
P Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Organizational Commitment terhadap Individual Creativity yang Dimediasi oleh Organizational Citizenship Behavior dan Knowledge Sharing di Industri Perbankan Indonesia. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dengan jumlah sampel sebanyak 171 karyawan di industri perbankan Indonesia yang ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis structural equation model yang diolah dengan program Amos 22.Hasil penelitian ini menemukan terdapat lima hipotesis yang didukung dan empat hipotesis yang tidak didukung. Adapun hipotesis yang didukung yaitu terdapat pengaruh positif organizational commitment terhadap organizational citizenship behavior, organizational citizenship behavior berpengaruh positif terhadap knowledge sharing, organizational citizenship behavior berpengaruh positif terhadap individual creativity, knowledge sharing berpengaruh positif terhadap individual creativity, dan variabel organizational citizenship behavior mampu memediasi pengaruh positif antara variabel organizational commitment terhadap individual creativity. Sedangkan hipotesis yang tidak didukung yaitu organizational commitment tidak berpengaruh terhadap knowledge sharing, organizational commitment tidak berpengaruh terhadap individual creativity, knowledge sharing tidak mampu memediasi pengaruh antara variabel organizational commitment terhadap individual creativity, dan terakhir knowledge sharing tidak mampu memediasi pengaruh antara variabel organizational citizenship behavior terhadap individual creativity.Adapun implikasi manajerial yang diberikan adalah dengan terus memastikan bahwa nilai-nilai yang dianut oleh perusahaan sesuai dengan nilai yang dianut oleh karyawan agar tercipta keselarasan antara pegawai dengan perusahaan. Meningkatkan kesediaan karyawan untuk ikut serta meningkatkan reputasi perusahaan dengan sukarela untuk menghadiri acara yang tidak diwajibkan agar dapat memperluas jaringan kolega yang dapat memberikan ilmu pengetahuan dan hal ini akan memudahkan karyawan tersebut dalam membuat prosedur baru dalam melakukan tugas pekerjaannya.
T This study was aimed to analyze the effect of Organizational Commitment on Individual Creativity mediated by Organizational Citizenship Behavior and Knowledge Sharing of Indonesian Banking Industry. The data used in this study is primary data collected using a questionnaire with a total sample of 171 Indonesian Banking Industry employees was determined using a purposive sampling technique. Data were analyzed using descriptive statistical analysis and a structural equation model processed with the Amos program.The results of the study found that there were five supported hypotheses and four unsupported hypotheses. The hypothesis that is supported is that there is a positive effect on organizational commitment to organizational citizenship behavior, organizational citizenship behavior has a positive effect on knowledge sharing, organizational citizenship behavior has a positive effect on individual creativity, knowledge sharing has a positive effect on individual creativity, and variables organizational citizenship behavior able to mediate the positive influence between organizational commitment to individual creativity. While the unsupported hypothesis are organizational commitment has no effect on knowledge sharing, organizational commitment has no effect on individual creativity, knowledge sharing unable to mediate the influence between organizational commitment to individual creativity, and lastly, knowledge sharing is unable to mediate the influence between organizational citizenship behavior to individual creativity.The managerial implication given is to continue to ensure that the values shared by the company are following the values shared by employees to create harmony between employees and the company. Increasing employee willingness to participate in improving the company's reputation by voluntarily attending events that are not required to expand the network of colleagues who can provide knowledge and this will make it easier for these employees to create new procedures in carrying out their work assignments.