Pengaruh kesadaran, kebutuhan personal, kemudahan penggunaan, kegunaan, persepsi resiko, dan keamanan terhadap bank digital dengan pengalaman nasabah sebagai mediasi
P enelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi bank digital, denganmenggunakan data primer dari kuesioner. Didapatkan 252 responden yang kemudian diolahmenggunakan model SEM SmartPLS. Analisa menunjukkan bahwa: (1) Kesadaran nasabahterbukti berpengaruh positif terhadap pengalaman nasabah; (2) Kebutuhan personal nasabah tidakterbukti berpengaruh terhadap pengalaman nasabah; (3) Kemudahan penggunaan terbuktiberpengaruh positif terhadap pengalaman nasabah; (4) Kegunaan yang dirasakan terbuktiberpengaruh positif terhadap pengalaman nasabah; (5) Persepsi resiko tidak terbukti berpengaruhterhadap pengalaman nasabah; (6) Keamanan tidak terbukti berpengaruh terhadap pengalamannasabah; (7) Pengalaman nasabah terbukti berpengaruh positif terhadap bank digital; (8)Kesadaran nasabah tidak terbukti berpengaruh terhadap bank digital; (9) Kebutuhan personalnasabah tidak terbukti berpengaruh terhadap bank digital; (10) Kemudahan penggunaan tidakterbukti berpengaruh terhadap bank digital; (11) Kegunaan yang dirasakan tidak terbuktiberpengaruh terhadap bank digital; (12) Persepsi resiko tidak terbukti berpengaruh terhadap bankdigital; (13) Keamanan terbukti berpengaruh positif terhadap bank digital.
T he study aims to evaluate the factors affecting digital banking, using primary data from questionnaire. Data collected from 252 respondents and processed with SEM from Smart PLS. The analysis results show that: (1) Customer’s Awareness has positive effect on the Customer’sExperience; (2) Customer’s Personal Needs have no proof of effect on Customer’s Experience;(3) Perceived Ease of Use has positive effect on Customer’s Experience; (4) Perceived Usefullness has positive effect on Customer’s Experience; (5) Risk Perception has no proof of effect onCustomer’s Experience; (6) Security has no proof of effect on Customer’s Experience; (7)Customer’s Experience has positive effect on Digital Banking; (8) Customer’s Awareness has noproof of effect on Digital Banking; (9) Customer’s Personal Needs have no proof of effect on Digital Banking; (10) Perceived Ease of Use has no proof of effect on Digital Banking; (11)Perceived Usefullness has no proof of effect on Digital Banking; (12) Risk Perception has no proofof effect on Digital Banking; (13) Security has positive effect on Digital Banking.