Pengaruh manajemen kualitas total lunak terhadap kepuasan kerja karyawan
P enelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh manajemen kualitas total lunak dengan dimensi komitmen manajemen puncak, pemberdayaan karyawan, pelatihan dan edukasi, tim kerja, dan keterlibatan karyawan terhadap kepuasan kerja karyawan. Responden penelitian ini berjumlah 160 karyawan yang bekerja di Kawasan Industri East Jakarta Industrial Park (EJIP). Pengambilan sampel dilakukan dengan metode non probability sampling dengan pendekatan purposive sampling. Sedangkan pengujian hipotesis menggunakan alat analisis yaitu Regresi Berganda. Hasil pengujian hipotesis pertama menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh positif komitmen manajemen puncak terhadap kepuasan kerja karyawan. Hasil pengujian hipotesis kedua terdapat pengaruh positif pemberdayaan karyawan terhadap kepuasan kerjkaryawana. Hasil pengujian hipotesis ketiga yaitu tidak terdapat pengaruh positif pelatihan dan edukasi terhadap kepuasan kerja karyawan. Hasil pengujian hipotesis keempat yaitu tidak terdapat pengaruh positif tim kerja terhadap kepuasan kerja karyawan. Hasil pengujian hipotesis kelima yaitu terdapat pengaruh positif keterlibatan karyawan terhadap kepuasan kerja karyawan. Hasil pengujian hipotesis yang keenam yaitu terdapat pengaruh positif manajemen kualitas total lunak terhadap kepuasan kerja.Penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi perusahaan yang berada di kawasan EJIP untuk terus memberikan dukungan penuh kapan pun karyawan membutuhkannya, perusahaan harus melibatkan karyawan dalam mengambil keputusan untuk setiap masalah pekerjaan dan perusahaan perlu lebih memperhatikan saran karyawan.
T his study aims to analyze the effect of soft total quality management with the dimensions of top management commitment, employee empowerment, training and education, team work, and employee involvement on employee job satisfaction. Respondents in this study amounted to 160 employees who work in the East Jakarta Industrial Park (EJIP). Sampling was carried out using a non-probability sampling method with a purposive sampling approach. While testing the hypothesis using an analytical tool, namely Multiple Regression. The results of testing the first hypothesis show that there is no positive effect of top management commitment on employee job satisfaction. The results of testing the second hypothesis have a positive influence on employee empowerment on employee satisfaction. The result of testing the third hypothesis is that there is no positive effect of training and education on employee job satisfaction. The results of testing the fourth hypothesis are that there is no positive effect of the work team on employee job satisfaction. The result of testing the fifth hypothesis is that there is a positive effect of employee involvement on employee job satisfaction. The result of testing the sixth hypothesis is that there is a positive influence of total soft quality management on job satisfaction. This research is expected to be input for companies in the EJIP area to continue to provide full support whenever employees need it, companies must involve employees in making decisions for every work problem and companies need to pay more attention to employee suggestions.