DETAIL KOLEKSI

Perancangan sistem pendukung keputusan perencanaan dan pengendalian persediaan bahan baku di PT. Kaloka Binangun


Oleh : Mohammad Ali Wafa

Info Katalog

Penerbit : FTI - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2017

Pembimbing 1 : Pudji Astuti

Pembimbing 2 : Iveline Anne Marie

Subyek : Materials handling;Management

Kata Kunci : decision support system, mrp, early warning system, system development process waterfall

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2017_TA_STI_063001300002_Halaman-Judul.pdf
2. 2017_TA_STI_063001300002_Lembar-Pengesahan.pdf
3. 2017_TA_STI_063001300002_Bab-1_Pendahuluan.pdf 5
4. 2017_TA_STI_063001300002_Bab-2_Tinjauan-Pustaka.pdf
5. 2017_TA_STI_063001300002_Bab-3_Metodologi-Penelitian.pdf
6. 2017_TA_STI_063001300002_Bab-4_Pengumpulan-Data.pdf
7. 2017_TA_STI_063001300002_Bab-5_Pengolahan-Data.pdf
8. 2017_TA_STI_063001300002_Bab-6_Analisa-Pembahasan.pdf
9. 2017_TA_STI_063001300002_Bab-7_Kesimpulan-dan-Saran.pdf
10. 2017_TA_STI_063001300002_Daftar-Pustaka.pdf
11. 2017_TA_STI_063001300002_Lampiran.pdf

P T. Kaloka Binangun adalah perusahaan yang bergerak di bidang produksi paper pallet packaging untuk eskpor. Dalam proses produksinya PT. Kaloka Binangun menerapkan strategi produksi Make-To-Order yang mana produk akan mulai diproduksi apabila telah menerima pesanan dari pelanggan. Masalah yang dihadapi perusahaan saat ini adalah ketidakpastian lead-time pengiriman dan ketidakpastian permintaan. Kedua masalah tersebut mengakibatkan tidak terencananya pemesanan bahan baku berujung pada terlambatnya pengiriman produk jadi kepada pelanggan. Selain itu penggunaan papan display konvensional saat ini mengakibatkan rawan terjadinya human error pada saat pencatatan pesanan pelanggan atau saat menghitung ketersediaan bahan baku.Tujuan dari penelitian adalah untuk merancang sistem pendukung keputusan yang membantu perusahaan dalam mengambil keputusan perencanaan dan pengendalian ketersediaan bahan baku. Tahapan perancangan sistem menggunakan system development process waterfall sehingga pengembagan sistem dilakukan dengan berurutan untuk tiap fase pengembangannya.Pengembangan sistem dimulai dari inisiasi sistem, analisis, desain sistem dan implementasi sistem. Analisis sistem menggunakan pendekatan berorientasi objek yang menekankan pembuatan gambar, model dalam analisis mempermudah masalah. Hasil dari penelitian menunjukkan masalah yang dihadapi perusahaan diatasi dengan menerapkan stok pengaman dan penjadwalan yang mengintegrasikan submodel peringatan dini, submodel Material Requirement Planning (MRP) dan submodel persediaan kedalam sistem pendukung keputusan berbasis web yang dapat diakses dimanapun secara cepat dan akurat oleh pihak terkait. Stok pengaman digunakan sebagai persediaan cadangan yang akan diproduksi saat terjadi ketidakpastian permintaan. Submodel MRP menjadwalkan pembelian dan merencanakan kebutuhan bahan baku berdasarkam Bill of Material model. Submodel persediaan dengan peringatan dini akan memberikan pengingat kepada pengguna apabila jumlah bahan baku tersedia telah mencapai level tertentu supaya ketersediaan bahan baku

P T. Kaloka Binangun is a company engaged in the production of paper pallet packaging for exports. In the production process, PT. Kaloka Binangun implements Make-To-Order production strategies which would begin to manufacture if the company has received orders from customers. Recently the problems facing by company are the uncertainty lead-time delivery and uncertainty of demand from customer. Both of these issues resulted the ordering of raw materials were unplanned and further caused in delayed delivery of finished products to customers. Furthermore the use of conventional display board currently lead to human error either recording the customer orders or calculating the availability of raw materials.The objective of this research is to design decision support system (DSS) which will helps the company to schedule procurement of raw material and helps to control raw material availability. Stage of designing the DSS is using the waterfall system development so that the process is done by sequentially developed for each phase of development.The system development process is starting from the system initiation, analysis, design system and implementation. In analysis process, used object-oriented approach which point in the making of models to help analyze and understanding the problem. Results from the study showed that the problems faced by company solved by implementing the safety stock and the procurement scheduling which integrates with early warning sub model, Material Requirement Planning (MRP) sub model and inventory sub model, into a web-based decision support system that can be accessed anywhere, anytime and accurately by authorized user. Safety stocks are used as a backup supply which will be used when the uncertainties of demand occurred. MRP sub model schedules the procurement and calculate raw material requirements based on Bill of Material. Inventory sub model with early warnings system will provide a reminder to the user if the amounts of raw materials available have reached a certain condition so that users can perform further actions to maintain the availability of raw materials.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?