Evaluasi efektivitas iklan dan usulan strategi iklan pada iklan televisi kartu pra bayar IM3 Smart di PT. Indosat Multi Media Mobile
T ingkat persaingan yang begitu kompleks pada era revolusi informasi terjadi dimana saja dan melalui semua aspek. Salah satu aspek yang mungkin digunakan sebagai media untuk menjalankan bisnis adalah iklan. Iklan sebagai salah satu media komunikasi suatu perusahaan untuk memperkenalkan produknya dengan baik, meyakinkan konsumen akan manfaat dari produk tersebut serta mampu untuk menarik konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan dari produk -produk lain yang dipromosikan produsen lain.Salah satu media iklan yang sering digunakan oleh perusahaan untukmempromosikan produknya adalah media televisi. Dengan makin banyaknya jumlah stasiun televisi swasta dan biaya yang dikeluarkan untuk periklanan melalui media televisi sangat tinggi, maka penayangan iklan tersebut harus efektifPT . Indosat Multi Media Mobile merupakan salah satu perusahaan kartu pra bayarterbesar di Indonesia yang menggunakan media iklan televisi untuk mempromosikan produknya yaitu kartu pra bayar IM3 Smart, untuk itu PT. Indosat Multi Media Mobile menganggap penting melakukan pengukuran dari keefektifan iklan yang telah ditayangkan, pengukuran tersebut dilakukan untuk mengetahui seberapa jauh konsumen mengenal produk tersebut dan besarnya penjualan dari iklan yang ditayangkan dengan biaya yang tidak sedikit.Penelitian tentang evaluasi efektivitas iklan kartu pra bayar IM3 Smart dimedia televisi dilakukan dengan menyebarkan kuesioner pendahuluan sehingga diperolehbeberapa atribut yang dipentingkan responden dalam memilih/membeli kartu pra bayar . Selanjutnya atribut - atribut tersebut diikutsertakan dalam kuesioner penelitian untuk kemudian disebar pada 100 orang responden setelah diuji pretest , validitas dan reliabilitas. Kuesioner penelitian ini terdiri dari 9 bagian yaitu screening, Advertising Awareness, atribut iklan, asosiasi iklan kartu pra bayar IM3 Smart, performansi iklan, persepsi responden , perilaku konsumen, perilaku pemirsa televisi , dan profit responden. Hasil penyebaran kuesioner penelitian akan diolah dengan bantuan program SPSS 12.0 for windows. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan mean, tabel frekuensi, tabel silang, metode Direct Rating, pengujian non parametik (Uji Cochran dan Uji Peringkat Bertanda Wilcoxon) serta analisa kuadran .Berdasarkan pengolahan data diperoleh hasil sebagai berikut : Untuk Advertising Awareness , katu pra bayar IM3 Smart menempati posisi keempat (13%) pada Top Of Mind Advertising dan Advertising Recall , serta menempati posisi ketujuh (10.4%) pada Advertising Recognation. Total nilai untuk keempat variabel kartu pra bayar IM3 Smart(kesadaran, kesukaan , perferensi , dan perilaku pembelian) adalah sebesar 1027 dan berada pada rentang skala 721-1041, maka iklan tersebut tergolong dalam iklan yang tidak efektif.Berdasarkan hasil pengolahan data dan analisa hasil pengolahan data, maka dapat diberikan beberapa alternatif strategi iklan berdasarkan tujuan periklanan , atribut iklan, perilaku konsumen , dan metode penayangan di televisi . Dengan evaluasi dan usulan strategi iklan diharapkan dapat membantu pihak perusahaan dalam meningkatkan keefektifitasan iklannya
I n this revolution of information, the complexity of competition happens in everything and through from all the aspect. One of the aspect might be used for the media to operate the business is advertisement. Advertisement is one of the media of communication that produce the product better than the other media, persuade the consument about the benefit of the product as well as attracting consumers to buy the product which offered by other products that promoted by another producers.One of the advertisement that company ussualy use for promoting their products is television advertisement. There are so many private televisions and the cost that has to be made on the commercial advertising through the TV media is quite expensive, therefore the commercial broadcasting has to be implemented effectively.PT. Indosat Multi Media Mobile is one of the biggest pre-paid company inIndonesia which use television advertisement to promote their products which is IM3 Smart pre-paid card, therefore, PT. Indosat Multi Media Mobile thinks that measuring of the effectivity of advertising is an important think to do in order to see how far the consuments know about their product and the rate of selling from the advertisement with a lot of costs in it.The research about the effectiveness evaluation of IM3 pre-paid card in televisionmedia is by doing some questioners. the results of that questioners is some atributs that important for the consumers in choosing or buying a pre-paid card. After that, those atributs is being inclusion in next research questioners in order to be spreaded out for 100 respondend after doing pre test, validity test, and reliability test. The research questioner is about 9 parts, those are screening, advertising awareness, advertise attribute, IM3 Smart pre-paid card advertise association , advertise performation, respondend perception, comsument behaviour, TV audiences behaviour, and respondend profile. The results of the questioners will be turned become a data by SPSS 12.0for windows program. Process of data is turned by the help of some programs. Those programs are Mean, Frequency table, Cross Table, Direct Rating Method, non-parametric test (Cochran and the Wilcoxon test) and quadrant Analysis.Some results is obtained based on the data preparation, that is: IM3 Smart pre-paidcard is placing the forth place (13%) on The Top of Mind Advertising and Advertising Recall for Advertising, and placing the seventh position (10.4%) on Advertising Recognation. The total point for all variables of IM3 Smart pre-paid card (Awareness, Pleasure, Preference, and Consume Behaviour) is about 1027 and it's in the range of scale between 721 to 1041, so that the advertise is classified to uneffective advertise.Based on the results of data preparation and the analysis of the results of data preparation , some alternatives of advertisement strategy is been given based on the aim of advertise, advertise attribute, consumer behaviour , and the program method in television. With the evaluation and strategic suggestion of advertisement might help the company in order to increase the advertise effectivity.