DETAIL KOLEKSI

Studi pengaruh parameter pengelasan GTAW terhadap laju korosi pada pelat baja karbon rendah


Oleh : Imam Akbar Fikri

Info Katalog

Penerbit : FTI - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2020

Pembimbing 1 : Dody Prayitno

Subyek : Steel - Analysis;Mechanical engineering

Kata Kunci : GTAW, carbon steel, corrosion

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2020_TA_STM_061001800535_Halaman-Judul.pdf
2. 2020_TA_STM_061001800535_Lembar-Pengesahan.pdf
3. 2020_TA_STM_061001800535_Bab-1_Pendahuluan.pdf
4. 2020_TA_STM_061001800535_Bab-2_Tinjauan-Pustaka.pdf
5. 2020_TA_STM_061001800535_Bab-3_Metodologi-Penelitian.pdf
6. 2020_TA_STM_061001800535_Bab-4_Hasil-Penelitian-dan-Pembahasan.pdf
7. 2020_TA_STM_061001800535_Bab-5_Kesimpulan.pdf
8. 2020_TA_STM_061001800535_Daftar-Pustaka.pdf
9. 2020_TA_STM_061001800535_Lampiran.pdf

D alam pekerjaan bengkel automotive dibutuhkan tempat untuk menaruhalat-alat perkakas yang dinamakan kotak perkakas. Kotak perkakas ini terbuat darimaterial baja karbon rendah dengan tebal 0.8 mm dan disambung denganpengelasan GTAW metode sambungan titik. Hasil dari proses pengelasan inidiharapkan untuk tahan terhadap korosi, dikarenakan bengkel automotive iniberada di daerah yang sering terjadi banjir musiman. Penelitian ini menggunakanbeberapa tahapan. Tahap pertama adalah membuat sampel uji. Tahap keduaadalah melakukan pengelasan dengan sambungan tumpul pada arus listrik 25 [A],30 [A] dan 35 [A]. Tahap ketiga adalah menguji laju korosi bahan dan mengujimetalografi bahan tersebut. Tahap keempat adalah menganalisis hasil dari ujicoba. Selanjutnya hasil dari penelitian ini akan diketahui laju korosi yang terjadipada pelat baja karbon sehingga dapat diperkirakan umur pemakaian dari kotakperkakas.

I n an automotive repair shop, a place is needed to put the tools called atool box. This tool box is made of low carbon steel material with 0.8 mmthickness and is joined by GTAW welding by point joint method. The results ofthis welding process are expected to be resistant to corrosion, because thisautomotive repair shop is located in an area that often experiences seasonalflooding. This research uses several stages. The first stage is to create a testsample. The second stage is to perform welding with blunt joints on an electriccurrent of 25 [A], 30 [A] and 35 [A]. The third stage is to test the corrosion rate ofthe material and to test the metallography of the material. The fourth stage is toanalyze the results of the trial. Furthermore, the results of this study willdetermine the rate of corrosion that occurs on carbon steel plates so that theservice life of the toolbox can be estimated.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?