Pengaruh store atmosphere terhadap minat beli pelanggan
T ujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Store Atmosphere terhadap Minat Beli Pelanggan Hypermart di Jakarta. Hal ini dapat dilihat dari pengaruh antara Store Atmosphere, Kebersihan, Musik, Aroma, Temperatur, Pencahayaan, Warna, dan Display pada Minat beli pelangan. Kuesioner disebarkan kepada 250 responden yang berdomisili di Jakarta dan mengunjungi hypermart minimal 3 kali dalam 3 bulan terakhir. Prosedur pengambilan data yang digunakan adalah Non Probability Sampling. Kemudian teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Purposive Sampling. Validitas dan reliabilitas suatu model penelitian dapat diukur dengan menggunakan Confirmatory Factor dan Exploratory Factor. Metode analisis data yang digunakan adalah Structural Equational Model (SEM).Hasil penelitian menyatakan bahwa kebersihan tidak berpengaruh positif terhadap minat beli, musik berpengaruh positif terhadap minat beli, aroma tidak berpengaruh positif terhadap minat beli, suhu tidak berpengaruh positif terhadap minat beli, pencahayaan tidak berpengaruh positif terhadap minat beli, warna tidak berpengaruh positif terhadap minat beli, display berpengaruh positif terhadap minat beli, kemudian store atmosphere berpengaruh positif terhadap minat beli.Saran bagi peneiliti selanjutnya adalah peneliti dapat menambah jumlah responden dalam mengembangkan penelitian. Kemudian peneliti selanjutnya diharapkan untuk meneliti hypermart selain Carrefour, Hypermart, dan Giant. Lalu peneliti selanjutnya diharapkan untuk menambahkan variabel lain.
T he purpose of this study was to determine the effect of the interest Atmosphere Store Buy Customer Hypermart in Jakarta. It can be seen from the influence of Store Atmosphere, Cleanliness, Music, aroma, temperature, lighting, color, and display on the customer buying interest. Questionnaires were distributed to 250 respondents who live in Jakarta and visit hypermart at least 3 times in the last 3 months. Data collection procedures used are Non-Probability Sampling. Then the data collection techniques used is purposive sampling. Validity and reliability of a research model can be measured by using Confirmatory Factor and Exploratory Factor. Data analysis method used was Equational Structural Model (SEM) The results of the study states that cleanliness is not a positive influence on buying interest, positive influence on the music buying interest, the scent is not a positive influence on buying interest, the temperature is not a positive influence on buying interest, lighting positive effect on the buying interest, the color is not a positive influence on buying interest, display a positive influence on buying interest, then store atmosphere positive effect on interest beli.Saran for further peneiliti is that researchers can increase the number of respondents in developing the research. Then further research is expected to examine hypermart in addition to Carrefour, Hypermart and Giant. Then further research is expected to add another variable.