Pengaruh kinerja keuangan terhadap nilai perusahaan dengan pengungkapan corporate social responsibility sebagai variabel moderating
T ujuan penelitian ini adalah meneliti pengaruh pengungkapan kinerja keuangan terhadap nilai perusahaan dengan Corporate Social Disclosure sebagai variabel moderating. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari laporan tahunan perusahaan (Annual Report). Teknik pengambilan sampel yang digunakan purposive sampling method. Perusahaan yang digunakan adalah perusahaan yang terdaftar dalam Program Peringkat Kinerja Perusahaan Dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (PROPER) dalam rentang tahun 2008-2010 yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia (BEI), sampel penelitian adalah sebanyak 21 perusahaan. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda untuk hipotesis 1, dengan uji Moderating Regression Analysis (MRA) untuk hipotesis 2. Hasil penelitian dengan analisis regresi linear menunjukkan bahwa (1) ROA berpengaruh terhadap nilai perusahaan, ROE tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, (2) sedangkan analisis variabel moderating dengan metode MRA menunjukkan bahwa pengungkapan Corporate Social Reponbilty mampu memoderasi hubungan antara ROA dan ROE terhadap nilai perusahaan.
T his paper aims to investigate the influence of financial performance to firm value with Corporate Social Disclosure as a moderating variabel. This study uses data obtained from annual report. The sampling technique used purposive sampling method. Companies that used in this study is Program Peringkat Kinerja Perusahaan Dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (PROPER) which listed in Indonesian Stock Exchange from 2008-2010. The research sample are 21 companies. The analysis methods of this research used multiple regression analysis for hypothesis 1 and Moderated Regression Analysis (MRA)for hypothesis 2.The results with multiple regression analysis showed that (1) ROA have a significant effect on firm value, ROE does not have a significant effect on firm value (2) meanwhile the analysis with the moderating variable MRA shows that the disclosure of Corporate Social Responsibility able to moderate the relationship between ROA dan ROE on value of the company.