DETAIL KOLEKSI

Usulan penurunan dan penyelarasan strategi perusahaan ke divisi pemasaran dengan menggunakan metode cascading balanced scorecard pada PT.Kuansing Inti Makmur


Oleh : Sebastian Setiabudi

Info Katalog

Penerbit : FTI - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2011

Pembimbing 1 : Didien Suhardini

Subyek : Planning;Strengths;Weaknesses;Production;Control;Inventory;Industrial management;Materials engineering.

Kata Kunci : planning, strengths, weaknesses, production, control, inventory, industrial management, materials en

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2011_TA_TI_06305018_Judul.pdf
2. 2011_TA_TI_06305018_Bab1.pdf
3. 2011_TA_TI_06305018_Bab2.pdf
4. 2011_TA_TI_06305018_Bab3.pdf
5. 2011_TA_TI_06305018_Bab4.pdf
6. 2011_TA_TI_06305018_Bab5.pdf
7. 2011_TA_TI_06305018_Bab6.pdf
8. 2011_TA_TI_06305018_Bab7.pdf 3
9. 2011_TA_TI_06305018_Daftar-Pustaka.pdf 1
10. 2011_TA_TI_06305018_Lampiran.pdf

P PT. Kuansing Inti Makmur merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan dan perdagangan batu bara. Perusahaan harus mempunyai strategi yang mencerminkan cara mewujudkan visi dan menjalankan misinya. Namun visi, misi dan strategi perusahaan hams didukung oleh visi, misi dan strategi divisi. Perusahaan membutuhkan proses penurunan dan penyelarasan strategi dari tingkat perusahaan hingga ke divisi. Salah satunya dengan menggunakan proses cascading balanced scorecard. Tujuan penelitian adalah menganalisa peta strategi perusahaan dan melakukan proses cascading balanced scorecard untuk menurunkan dan menyelaraskan peta strategi perusahaan ke dalam peta strategi divisi pemasaran. Awal penelitian melakukan pemeriksaan terhadap peta strategi perusahaan, terdapat sepuluh tujuan strategis dalam empat perspektif. Setelah itu langkah pertama adalah menganalisis visi dan misi dari divisi yaitu memenuhi target penjualan dari perusahaan dan memasarkan produk dengan sebaik mungkin. Langkah kedua yaitu mengidentifikasi sasaran-sasaran strategis dari peta strategi perusahaan yang dapat diturunkan ke divisi pemasaran. Ada enam sasaran strategis perusahaan yang diturunkan ke peta strategi divisi pemasaran. Langkah ketiga mengidentifikasi pelanggan dari divisi pemasaran meliputi pelanggan eksternal yaitu konsumen dan internal adalah pemegang saham, direktur dan divisi keuangan. Untuk langkah keempat mengidentifikasi tugas pokok dan output yang ingin dicapai divisi pemasaran. Langkah kelima yaitu mengidentifikasi harapan dari pelanggan baik eksternal maupun internal divisi pemasaran. Langkah keenam adalah menurunkan sasaran strategis perusahaan ke sasaran strategis peta strategi divisi, selanjutnya langkah ketujuh yaitu melengkapi sasaran strategis pada perspektif lainnya. Kemudian langkah kedelapan melakukan proses identifikasi garis hubungan sebab akibat dari sasaran strategis peta strategi divisi. Untuk langkah kesembilan memilih Key Performance Indicator (KPI} untuk setiap sasaran strategis divisi. Pada langkah kesepuluh adalah menentukan target dan inisiatif strategi untuk setiap KPI. Berdasarkan proses cascading balanced scorecard yang dilakukan, terdapat enam sasaran strategis dari peta strategi perusahaan yang diturunkan ke peta strategi divisi pemasaran. Keenam sasaran strategis tersebut adalah meningkatkan penjualan pada perspektif keuangan, memelihara dan mengembangkan hubungan dengan pelanggan serta kepuasaan dan kepercayaan pelanggan pada perspektif pelanggan, dan produktifitas karyawan, meningkatkan kemampuan dan kredibilitas karyawan dan meningkatkan motivasi kerja karyawan pada perspektif pembelajaran dan pertumbuhan.

P PT. Kuansing Intl Makmur is a company has field in mining and trading of coal. The company should have strategies are a representatively way to implement a vision and their mission. However, company's vision, mission and its strategies should be supported by division's vision, mission and its strategies. The company needs cascading of strategies from the company to their division. The purpose of this research is to analyze the strategies map of the company and to take a process of cascading balanced scorecard to cascade the company's strategies into marketing division's strategies map. The early research was researching a company's strategies map, there are ten strategically goals in four perspective. After that the first step is to analyze vision and mission of division is to achieve selling target of the company and sell products is well. The second step is identifying strategically goals of the strategies map of the company was cascade into marketing division. There are six strategically goals of the company was cascade into marketing division. The third step is identifying costumer of the marketing division include external customer is costumer and internal are stockholder, director and financial division. The fourth step is identifying a primer work and output was achieved by marketing division. The fifth step is identifying expectation of the customer either external or internal of the marketing division. The six step is cascade strategically goals of the company into division's strategies map, and then the seven step is complete the strategically goals in other perspective. And the eleventh step is making an identifying process of relationship line of causal of strategically goals the division's strategies map. And ninth step is select Key Performance Indicator (KPI) for each division's strategically goals. And tenth step is determined target and strategically initiative for each KPI. In according to cascading balanced scorecard process was done, there are six strategically goals of the company's strategies map was cascaded into marketing division's strategies map. The six of strategically goals are increase selling in financial perspective, keep on and develop relationship with customer and satisfaction and customer's satisfaction in customer perspective, and employee's productivities, increase abilities and credibility of employee and increase employee's work motivation in growing and learning perspective.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?