Implementasi enterprise resource planning pada bengkel mobil berbasis odoo (studi kasus : CV. Safaar Anugrah Abadi)
C CV. Safaar Anugrah Abadi merupakan salah satu perusahaan bengkel mobil yangbergerak di bidang jasa seperti, service, penggantian sparepart, repair body,khususnya kendaraan roda empat. Dalam menjalankan keseluruhan proses bisnisnya CV. Safaar Anugrah Abadi masih menggunakan sistem konvensional sehinggaterdapat masalah yang terjadi di perusahaan seperti: perusahaan masihmengggunakan catatan manual dalam melakukan pencatatan transaksi servicekendaraan dan tidak melakukan pencatatan ketersediaan sparepart. Cara ini bisamengakibatkan catatan tersebut hilang, tulisan memudar sehingga hal itu tidakefektif dalam menjalankan proses bisnis serta ketersediaan sparepart mobil tidakdapat terukur saat ketersediaan menipis. Terdapat permasalahan lain, teknisimengalami kesulitan jika terjadi banyaknya kendaraan yang ingin melakukanperbaikan. Hal ini juga tidak efisien yang mengakibatkan terlambatnya perbaikankendaraan sehingga diperlukannya Service Order untuk membantu identifikasiperbaikan pada masing-masing kendaraan. Tujuan dari penelitian ini untukmengimplementasikan sebuah sistem kepada bengkel mobil yang masihmenjalankan proses bisnis nya secara manual dengan menggunakan ERP opensource Odoo. Untuk membantu implementasi ERP pada bengkel mobil digunakanmetode Rapid Application Development (RAD) yang telah disesuaikan dengankebutuhan perusahaan dalam menyelesaikan permasalahan yang terjadi danmembantu berjalannya proses bisnis pada CV. Safaar Anugrah Abadi. Penelitianini memiliki Hasil berupa aplikasi ERP Odoo versi 15.0 dengan modul VehicleService, Sales, Invoicing, Inventory, Website yang dapat diakses melalui cloudcomputing dengan nama domain bengkeljosh.my.id dan sudah melalui 2 tahapantesting Black Box testing dan UTAUT dengan hasil yang sesuai dengan output yangdiharapkan.
C CV. Safaar Anugrah Abadi is one of the automotive workshop companies engagedin services such as maintenance, spare part replacement, body repair, especiallyfor four-wheeled vehicles. In carrying out its entire business process, CV. SafaarAnugrah Abadi still uses conventional systems, resulting in problems within thecompany, such as manual recording of vehicle service transactions and norecording of spare part availability. This method can lead to lost records and fadedwritings, making it ineffective in running the business process, and the availabilityof car spare parts cannot be measured when stock levels are low. There are otherissues as well; technicians face difficulties when there are many vehicles requiringrepairs. This inefficiency leads to delayed vehicle repairs, necessitating the use ofService Orders to assist in identifying repairs for each vehicle. The purpose of thisresearch is to implement a system for the automotive workshop that is currentlyrunning its business process manually, using the open-source Odoo ERP system.The implementation of ERP in the automotive workshop is carried out using theRapid Application Development (RAD) method, which has been tailored to thecompany's needs in solving the occurring problems and aiding the businessprocesses in CV. Safaar Anugrah Abadi. The result of this research is an ERPapplication using Odoo version 15.0 with modules for Vehicle Service, Sales,Invoicing, Inventory, and Website, which can be accessed through cloud computingusing the domain name bengkeljosh.my.id. The application has undergone 2 stagesof testing: Black Box testing and UTAUT, with results that align with the expectedoutput..