Anteseden green purchase intention
P Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat pengaruh antara greenconsumption value terhadap green brand purchase intention melalui attitude towardgreen advertising dan green brand attitude. Penelitian ini menggunakan data crosssectionaldengan menggunakan kuesioner untuk pengumpulan data. Teknikpengambilan sampel dalam penelitian ini adalah non-probability sampling,khususnya purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumenproduk kosmetik ramah lingkungan The Body Shop di Jakarta yang pernah melihatiklan The Body Shop dengan Cinta Laura sebagai sumber pesan. Alat analisa yangdigunakan adalah Structural Equation Modelling (SEM) dengan menggunakanbantuan program Analysis of Moment Structure (AMOS). Hasil penelitian inimenunjukkan bahwa (1) green consumption value berpengaruh positif terhadapattitude toward green advertising, (2) green consumption value berpengaruh positifterhadap green brand attitude, (3) attitude toward green advertising berpengaruhpositif terhadap green brand purchase intention, dan (4) green brand attitude berpengaruh positif terhadap green brand purchase intention. Implikasi bagiperusahaan adalah perusahaan disarankan untuk meningkatkan manfaat yangdirasakan konsumen dari konsumsi produk ramah lingkungan dan menekan biayayang harus konsumen keluarkan untuk konsumsi produk ramah lingkungan agargreen consumption value meningkat. Pemasar juga harus melaksanakan iklan produk ramah lingkungan yang bisa menciptakan sikap positif konsumen. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah untuk mengembangkan penelitian yang sudah ada dengan menggunakan variabel kepercayaan, pengetahuan, kebutuhan, dan motivasi konsumen mengenai produk ramah lingkungan (Bui, 2005) dan untuk menggunakan perusahaan kosmetik ramah lingkungan lokal seperti Wardah, Mustika Puteri, dan Eskullin.
T This study aimed to examine whether there is an influence between greenconsumption value and green brand purchase intention through attitude towardgreen advertising and green brand attitude. This study used cross-sectional data andquestionnaires for data collecting. The sampling technique used in this research isnon-probability sampling, which is purposive sampling. The population in this studyis the consumers of environmental-friendly cosmetics company The Body Shop inJakarta, who have seen The Body Shop advertisement with Cinta Laura as theirbrand ambassador. This study used the Structural Equation Modelling (SEM)method, and uses the Analysis of Moment Structure (AMOS) program to support the study. The result of this study indicates that (1) the green consumption valuepositively influences the attitude toward green advertising, (2) the greenconsumption value positively influences the green brand attitude, (3) the attitudetoward green advertising positively influences the green brand purchase intention,and (4) the green brand attitude positively influences the green brand purchaseintention. The implication for the company is that it is advisable for the company toincrease the perceived customers value from the consumption of green products and to reduce the costs that the customers have to spend to consume the green products, in order to increase the green consumption value. Marketers are also advised to do eco-friendly advertisements that can create consumers’ positive attitude. Advices for next researchers include to develop existing research using variables of trust, knowledge, needs, and consumer motivation towards green products (Bui, 2005) and to use local green cosmetics companies such as Wardah, Mustika Puteri, and Eskullin