DETAIL KOLEKSI

Pengaruh R&D, efisiensi input dan inovasi terhadap kinerja perusahaan pada perusahaan industri manufaktur, mining, dan jasa yang terdaftar di ASEAN 4


Oleh : Fergie Rachel Kawengian

Info Katalog

Nomor Panggil : 122012003033

Subyek : Finance - Management;Corporations - Performance standards

Penerbit : FEB - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2022

Pembimbing 1 : Bahtiar Usman

Kata Kunci : advertising, intangible assets, productivity, research and development

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2022_TS_MMJ_122012003033_Halaman-Judul.pdf 13
2. 2022_TS_MMJ_122012003033_Lembar-Pengesahan.pdf
3. 2022_TS_MMJ_122012003033_Bab-1_Pendahuluan.pdf 11
4. 2022_TS_MMJ_122012003033_Bab-2_Landasan-teori.pdf 27
5. 2022_TS_MMJ_122012003033_Bab-3_Metodologi-Penelitian.pdf 17
6. 2022_TS_MMJ_122012003033_Bab-4_Analisis-dan-pembahasan.pdf 24
7. 2022_TS_MMJ_122012003033_Bab-5_Kesimpulan.pdf 5
8. 2022_TS_MMJ_122012003033_Daftar-Pustaka.pdf 3
9. 2022_TS_MMJ_122012003033_Lampiran.pdf 101

P Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja perusahaan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur, mining dan jasa yang terdaftar di Bloomberg Business periode 2017 –2021. Variabel independen dalam penelitian ini adalah R&D/penjualan, aset tidakberwujud, produktivitas periklanan, pretax, pengurangan pajak dan subsidipemerintah/hibah dan variabel dependen adalah kinerja perusahaan yang diukurdengan ROA dan PROM. Jumlah sampel penelitian adalah sebanyak 48 perusahaan manufaktur, mining dan jasa dengan menggunakan teknik sampel purposive.Berdasarkan hasil regresi data panel menunjukkan bahwa R&D /penjualan model1,3,4,5, dan 9 memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap kinerja perusahaan.Produktivitas model 4,6, dan 8 memiliki pengaruh positif signifikan terhadap kinerja perusahaan dan subsidi pemerintah model 1 dan 4 memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap kinerja perusahaan. Untuk meningkatkan kinerja perusahaan, sebaiknya perusahaan di Indonesia dan Singapura mempertimbangkan pengaruh dari R&D/penjualan dengan cara meningkatkan kegiatan inovasi dengan berinvestasi kepada penelitian dan pengembangan yang dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan kinerjanya. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan bagi perusahaan dan investor agar mempertimbangkan intensitas penelitian dan pengembangan, aset tidak berwujud, produktivitas,periklanan, pretax, pengurangan pajak perusahaan teknologi tinggi dan subsidi pemerintah/hibah karena akan mempengaruhi kinerja perusahaan. Perbedaan penelitian ini dari penelitian sebelumnya adalah menambah variable periklanan yang mempunyai pengaruh terhadap kinerja perusahaan.

T This study aims to determine the factors that affect the company's performance. Thesamples used in this study are manufacturing, mining and service companies listed on Bloomberg Business for the period 2017 – 2021. The independent variables inthis study are R&D/sales, intangible assets, advertising productivity, pretax, hightech enterprise tax relief and government subsidies/grants and the dependentvariable is the company's performance as measured by return on assets and profitmargin. The number of research samples is 48 manufacturing, mining and servicefirms using purposive sampling technique. Based on the results of panel dataregression, it shows that the R&D/sales models 1,3,4,5, and 9 have a significantnegative effect on company performance. Productivity models 4,6, and 8 have asignificant positive effect on company performance and government subsidiesmodels 1 and 4 have a significant negative effect on company performance. Firmsin Indonesia and Singapore should consider the influence of R&D/sales byincreasing innovation activities by investing in research and development that canhelp companies improve their performance. The results of this study are expected to provide input for companies and investors to consider the intensity of research and development, intangible assets, productivity, advertising, pretax, high-tech enterprise tax relief, and government subsidies/grants because it will affect the company's performance. The difference of this research from previous research is to add advertising variables that have an influence on company performance.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?