Kajian desain iklan pada bus
P Penelitian ini bertujuan agar di masa yang akan datang tercipta desain yang tepat untuk iklan yang di pasang di bus sebagai media promosi. Penelitian ini mengkaji desain iklan yang dipasang pada bus dengan menggunakan analisa komparasi (Grounded Theory Research) yaitu dengan membagikan kuisioner kepada respoden yang dipilih secara acak guna mendapatkan data awal di lapangan. Analisa yang dilakukan berkaitan dengan pemilihan warna pada latar belakang, pemilihan tipografi, penggunaan gambar atu foto, pengaturan tata letak pada desain iklan, dan durasi pengamatan iklan pada bus. Diperoleh hasil dan dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan iklan pada bus sebagai media promosi cukup diminati oleh produsen dengan pertimbangan karena bus selalu berjalan dan memiliki rute perjalanan yang cukup jauh maka iklan yang dipasang akan dilihat orang sejauh rute perjalanan bus tersebut. Secara umum iklan yang dipasang pada bus dilihat oleh berbagai macam kalangan dengan berbagai latar belakang pendidikan, jenis kelamin, usia dan tinggi badan. Maka dari itu pemasangan iklan pada bus dirasa perlu dilakukan, terutama pada kota besar seperti Metropolitan Jakarta.