Kajian nilai estetika budaya pada kemasan minuman bir pletok di Jakarta
P Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji nilai budaya yang terdapat pada kemasan minuman Bir Pletok yang ada di Jakarta. Bir Pletok adalah minuman tradisional Jakarta yang pertama kali ditemukan dan dibuat oleh masyarakat Betawi. Betawi adalah salah satu kelompok etnis yang ada di Jakarta sejak jaman Belanda. Penulis sangat tertarik untuk meneliti nilai budaya yang ada pada kemasan minuman Bir Pletok yang ada di Jakarta. Penelitian ini akan dibatasi hanya mengkaji nilai budaya pada kemasan Bir Pletok, dengan kata lain penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi apakah sebuah kemasan minuman bir pletok sudah menggunakan unsur ragam hias betawi dengan benar atau tidak pada kemasannya. Metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini dengan teknik pengumpulan data studi pustaka, observasi, dan wawancara atau interview. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi tolak ukur dan pemacu lahirnya penelitian-penelitian selanjutnya mengenai nilai budaya pada kemasan. Dan diharapkan penelitian ini dapat membantu dalam menciptakan kemasan dengan inovasi baru dan modern tanpa meninggalkan aspek budaya yang dapat menjadi identitas produk itu sendiri dan sebagai pelestarian budaya.
T The purpose of this research is to analyze the cultural values that lie in Bir Pletok packaging in Jakarta. Bir Pletokis a Jakarta’s traditional beverage that firstly found and been made by Betawi. Betawi is one of the ethnic groups who live in Jakarta since the Dutch era. The writer is very interested in researching cultural values that lies in the packaging itself. This research will be confined only for reviewing the values of Bir Pletok packaging, in another word this research is aim to identify if the bir pletok packaging already had a Betawi’s cultural style element or not. This research uses descriptive methods with qualitative approach. The data will be gained by literature review, observation, and interview. This research is expected to be a benchmark and to trigger another research project about the cultural values in packaging. Lastly, this research also is expected to help create packaging ideas with new innovations without neglecting the cultural aspect, which can give an identity to the product and also to become a cultural preservation.