DETAIL KOLEKSI

Perancangan strategi, konsep, dan desain antarmuka aplikasi smart tourism untuk meningkatkan pengalaman wisata budaya mandiri bagi generasi z di Kawasan Pecinan Glodok


Oleh : Vinka Alberta

Info Katalog

Pembimbing 3 : Vinka Alberta

Subyek : Mobile apps - Tourism;Heritage tourism

Penerbit : FSRD - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2025

Pembimbing 1 : Wegig Murwonugroho

Pembimbing 2 : Agung Eko Budiwaspada

Kata Kunci : mobile application, user interface design, cultural tourism, Glodok chinatown

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2025_TS_MDP_191212300019_Halaman-Judul.pdf 11
2. 2025_TS_MDP_191212300019_Surat-Pernyataan-Revisi-Terakhir.pdf 1
3. 2025_TS_MDP_191212300019_Surat-Hasil-Similaritas.pdf 1
4. 2025_TS_MDP_191212300019_Halaman-Pernyataan-Persetujuan-Publikasi-Tugas-Akhir-untuk-Kepentingan-Akademis.pdf 1
5. 2025_TS_MDP_191212300019_Lembar-Pengesahan.pdf 1
6. 2025_TS_MDP_191212300019_Pernyataan-Orisinalitas.pdf 1
7. 2025_TS_MDP_191212300019_Formulir-Persetujuan-Publikasi-Karya-Ilmiah.pdf
8. 2025_TS_MDP_191212300019_Bab-1.pdf 6
9. 2025_TS_MDP_191212300019_Bab-2.pdf
10. 2025_TS_MDP_191212300019_Bab-3.pdf
11. 2025_TS_MDP_191212300019_Bab-4.pdf
12. 2025_TS_MDP_191212300019_Bab-5.pdf 3
13. 2025_TS_MDP_191212300019_Daftar-Pustaka.pdf 6
14. 2025_TS_MDP_191212300019_Lampiran.pdf 1

P Perkembangan teknologi digital telah mendorong transformasi dalam berbagai sektor, termasuk pariwisata. kawasan pecinan glodok, sebagai salah satu warisan budaya di jakarta, memiliki potensi besar untuk dikembangkan sebagai destinasi wisata budaya yang menarik, khususnya bagi generasi z yang sangat akrab dengan teknologi dan mengutamakan pengalaman personal dalam berwisata. namun, keterbatasan informasi, kurangnya panduan wisata yang interaktif, serta minimnya pemanfaatan teknologi digital menjadi tantangan utama dalam memaksimalkan potensi wisata kawasan ini. penelitian ini bertujuan untuk merancang strategi, konsep, dan desain antarmuka aplikasi mobile berbasis smart tourism guna meningkatkan minat dan partisipasi generasi z dalam menjelajahi kawasan pecinan secara mandiri dan interaktif. penelitian menggunakan pendekatan design thinking melalui lima tahapan: empathize, define, ideate, prototype, dan test. data dikumpulkan melalui survei, wawancara terstruktur, dan observasi langsung. hasil perancangan meliputi fitur-fitur berbasis personalisasi, integrasi teknologi pemetaan dan augmented reality (ar), multimedia interaktif, kolaborasi sosial, dan gamifikasi. pengujian menggunakan system usability scale (sus) memperoleh skor 83,75 yang menunjukkan tingkat kepuasan pengguna yang tinggi. penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan digitalisasi pariwisata budaya.

T The advancement of digital technology has driven transformation across various sectors, including tourism. glodok chinatown, as one of jakarta’s cultural heritage sites, holds significant potential to be developed into an attractive cultural tourism destination, especially for generation z, who are highly familiar with technology and prioritize personal experiences in their travels. however, limited information, the absence of interactive tourist guides, and the minimal use of digital technology remain major challenges in maximizing the tourism potential of this area. this study aims to design the strategy, concept, and user interface (ui) of a mobile application based on smart tourism to increase the interest and engagement of generation z in exploring chinatown independently and interactively. the research adopts the design thinking approach through five stages: empathize, define, ideate, prototype, and test. data were collected through surveys, structured interviews, and direct observation. the design results include features such as personalization, advanced mapping and augmented reality (ar) integration, interactive multimedia content, social collaboration, and gamification. the usability test using the system usability scale (sus) achieved a score of 83.75, indicating a high level of user satisfaction. this research is expected to contribute to the development of digitalization in cultural tourism while supporting the goals of asta cita and the sustainable development goals (sdgs) related to digital inclusion and cultural preservation.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?