Pengaruh desain livery bus terhadap kepuasan konsumen perusahaan bus akap jurusan jakarta-wonosobo(studi kasus: po. sinar jaya, po. damri, po. rosalia indah, po. kupu kupu ayu)
B Berdasarkan survey yang dilakukan Balitbang Kemenhub pada tahun 2022, bus merupakan moda transportasi umum yang paling banyak digunakan oleh pemudik dengan total 14,1 juta. Seiring dengan banyaknya jumlah penumpang, setiap tahunnya jumlah bus terus bertambah. Banyaknya bus tersebut membuat setiap perusahaan harus memiliki ciri khas, salah satunya yaitu desain liverynya. Livery adalah corak atau desain yang ada pada bodi bus untuk melambangkan identitas perusahaan bus. Livery berfungsi untuk menarik minat dan menciptakan kepuasan konsumen. Atas dasar tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh desain livery bus terhadap kepuasan konsumen perusahaan bus AKAP serta mengidentifikasi elemen desain livery bus mana yang paling sesuai dengan persepsi konsumen. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa desain livery memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, walaupun tidak dominan. Secara perseptual, penelitian ini mendapatkan data bahwa elemen desain livery bus berupa warna adalah elemen yang paling sesuai dengan persepsi konsumen.
B Based on a survey conducted by the Ministry of Transportation\\\'s Balitbang in 2022, buses are the mode of public transportation most used by travelers with a total of 14.1 million. Along with the large number of passengers, the number of buses continues to increase every year. The large number of buses means that each company must have its own characteristics, one of which is its livery design. Livery is a pattern or design on the bus body to symbolize the identity of the bus company. To attract interest and create consumer satisfaction. On this basis, this research aims to find out how much influence bus livery design has on customer satisfaction with the AKAP bus company and to identify which bus livery design elements best suit consumer perceptions. This research uses quantitative methods. The results of this research show that livery design has a significant influence on consumer satisfaction, although not dominant. Perceptually, this research obtained data that the bus livery design element in the form of color is the element that best suits consumer perceptions.