Perancangan dan implementasi sepeda listrik hybrid berbasis motor brushless dc (bldc) 250 watt dengan sistem monitoring
S Sepeda listrik tenaga surya telah menarik banyak perhatian karena perlu mengembangkan metode alternatif untuk menghasilkan energi listrik berupa solar panel dan generator angin. Permasalah kontrol motor brushless DC pada waktu aliran daya dapat digunakan, dengan adanya metode pedal yang dapat mengayuh sepada secara konvensional atau manual. Tujuan dari perancangan dan implementasi sepeda listrik dapat mengurangi permasalahan emisi karbon pada kendaraan massa didunia yang masih banyak ditemukan dalam penggunaan bahan bakar bahkan sebagai pengganti kendaraan listrik untuk pergerakan manusia dalam mencapai tujuan dengan menggunakan energi ramah lingkungan. Sistem sepeda listrik ini melibatkan tiga aspek konsentrasi yaitu energi baru terbarukan, sistem kontrol dan monitoring. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen yang membutuhkan kerangka sepeda, solar sel, generator angin, Brushless DC (BLDC), baterai dan sistem jaringan internet untuk melakukan monitoring jarak jauh berupa kecepatan putaran roda dan GPS. Dari penelitian yang telah dilakukan solar sel dapat bekerja secara maksimal pada pukul 13.00 mencapai 22 volt dan arus sebesar 0.92 ampere dan generator DC bekerja secara maksimal menghasilkan 13.3 Volt dengan kecepatan angin sebesar 2.5 m/s2, kemudian hasil berat total sepeda bervariasi 37 kg sampai 85 kg. Performa sepeda listrik dibebankan dengan dua buah baterai yang di rangkai seri mampu beroperasi selama 4.5 jam lamanya dengan tarikan throttle gas mencapai 98% menghasilkan 2648 RPM dengan Torsi 0.67 N/m atau setara dengan laju sepeda listrik 18 sampai 28 km/jam. Dalam hal ini sepeda listrik dalam kondisi layak digunakan untuk menjalankan aktivitas sehari-hari dengan memanfaatkan energi bersih, murah dan tepat guna.
S Solar electric bicycle have attracted a lot of attention because of the need to develop alternative methods to produce electrical energy in the form of solar panel and wind generator. The problem in controlling a brushless DC motor when the power flow can be used is using a pedal method that can be pedaled conventionally or manually. The purpose of design and implementation electric bicycle is to reduce the problem of carbon emissions vehicle in the world which are still often found in the use of fuel and even as a substitute for electric vehicles for human movement in achieving goals using environmentally friendly energy. This electric bicycle system involves three aspects of concentration renewable energy, control and monitoring systems. The method used in this research is an experimental research method that requires a bicycle frame, solar cell, wind generator, Brushless DC (BLDC), batteries and internet network system to carry out remote monitoring in the form of wheel rotation speed and GPS. From research that has been carried out, solar cells can work optimally at 13.00 reaching 22 volts and a current of 0.92 ampere and the DC generator works optimally producing a voltage of 13.3 volts with a wind speed of 2.5 m/s2, so the total weight of the bicycle varies from 37 kg to 85 kg. kg. The performance of this electric bicycle is powered by two batteries connected in series, capable of operating for 4.5 hours with a throttle pull of 98%, producing 2648 RPM with Torque 0.67 N/m or the equivalent of an electric bicycle speed of 18 to 28 km/hour. In this case, the electric bicycle is in a condition suitable for use to carry out daily activities by utilizing clean, cheap and effective energy.