Anteseden intention to continue use social media pada perusahaan jasa kebandarudaraan
P Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variabel independen(media interactivity, recommending affordance, immersion experience, credibilityperception) terhadap variabel dependen (intention to continue use). Respondenpada penelitian ini difokuskan pada mitra usaha yang menggunakan media sosialperusahaan jasa kebandarudaraan. Data yang digunakan dalam penelitian inimerupakan data primer yang bersumber langsung ke objek penelitian.Sampel penelitian yang dipilih menggunakan metode purposive samplingsehingga diperoleh 116 responden yang menjadi sampel. Analisis data yangdigunakan untuk uji hipotesis yaitu analisis Partial Least Square denganmenggunakan software Smart PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabelindependen (media interactivity, recommending affordance,immersion experience, credibility perception) memiliki pengaruh positif terhadapvariabel dependen (intention to continue use). Hasil penelitian ini jugamemberikan informasi bahwa dengan adanya media sosial perusahaan jasakebandarudaraan maka akan meningkatkan inisiatif perusahaan dalam melakukanterobosan melalui inovasi dan pengembangan media sosial yang dimiliki. Selainitu, media sosial meningkatkan efisiensi dari sebuah perusahaan antara lainmengurangi beban biaya komunikasi serta dapat juga mengurangi biaya risetdikarenakan media sosial memudahkan untuk melakukan survei langsung kepadamitra usaha dan mendapatkan masukan langsung dari mitra usaha. Dengan adanyamedia sosial, juga dapat meningkatkan loyalitas mitra usaha pada perusahaan jasakebandarudaraan (brand) yang dimiliki.
T This study aims to analyze the effect of the independent variables(media interactivity, recommending affordance, immersion experience andcredibility perception) on the dependent variable (intention to continue use).Respondents in this study focused on business partners who use airports servicecompany social media. The data used in this study is primary data that comesdirectly from the object of research. The research sample was selected using apurposive sampling method in order to obtain 116 respondents as the sample.Data analysis used to test the hyphotesis is Partial Least Square analysis usingSmart PLS software. The results showed that the independent variables (mediainteractivity, recommending affordance, immersion experience, credibilityperception) had a positive effect on the dependen variable (intention to continueuse). The results of this study also provide information that the existence of socialmedia for airport service companies will increase the company’s initiative inmaking breakthroughs innovation and development of its social media. Inaddition, social media increases the efficiency of a company, including reducingthe burden of communication costs and can also reduce research costs becausesocial media makes it easy to conduct direct surveys of business partners. Withsocial media, it can also increase the loyalty of business partners to airport service companies (brands) that they own.