Analisis strategi bisnis industri printer dalam menghadapi pasar bebas : Studi Kasus pada PT. Indonesia Epson Industry (PT. IEI)
P Perkembangan Industri Elektronika mengalami kemajuan yang pesat seiring dengan mengglobalnya dunia industri. Produk-produk elektronika yang berteknologi tinggi, khususnya printer merupakan bagian yang tak terpisahkan dengan industri elektronika, dimana produk ini mempunyai sifat yang dinamis. Nilai penjualan produk printer Epson di. Indonesia menunjukkan sebagai leader pada tahun 2005 sebesar 37.26%. PT. IEI sebagai perusahaan yang memproduksi printer mempunyai andil dan berpartisipasi dalam mengembangkan industri elektronika di Indonesia. Pertumbuhan nilai penjualan PT. IEI dan tahun 2001 sampai tahun 2005 mencapai 78% dan masih sangat berpeluang untuk lebih meningkatkan nilai penjualannya, hal tersebut merupakan salah sate indikator bahwa industri printer mempunyai prospek yang baik di masa mendatang. Berangkat dari kenyataan tersebut, maka dilakukan penelitian dalam rangka memetakan posisi perusahaan dalam persaingan dan merumuskan alternatif strategi perusahaan dalam meningkatkan Jaya saingnya. Alat analisis yang digunakan dalam menjawab tujuan penelitian adalah dengan menggunakan Matrik Internal Eksternal yang mempunyai sembilan sel untuk menentulcan posisi perusahaan dan dalam memilih alternatif strategi digunakan analisis SWOT untuk melengkapi basil pemetaan posisi perusahaan. Dalam menentukan posisi perusahaan maka dilakukan dengan menghitung rating, bobot dan skor perusahaan berdasarkan evaluasi faktor eksternal dan evaluasi faktor internal yang telah diisi oleh responden. Di sini dipilih respondennya adalah manager ke atas karena mereka lebih mengerti tentang keadaan perusahaan. Dari basil analisis tersebut di atas terlihat bahwa skor untuk Evaluasi Faktor Eksternal (EFE) adalah 3,09 dan untuk Evaluasi Faktor Internal (EFI) adalah 3,06 sehingga posisi perusahaan berada pada sel II dalam keadaan turnbuh dan bina. Sedangkan alternatif strategi perusahaan dari basil pemetaan tersebut adalah penetrasi pasar, pengembangan pasar, pengembangan produk dan integrasi horizontal melalui merger dengan pesaing. Selanjutnya perusahaan direkomendasikan melakukan strategi intensif seperti : penetrasi pasar, pengembangan produk sesuai dengan potensi kekuatan dan kelemahan yang dimilikinya.
T The development of the electronics industry is progressing rapidly along with the globalization of the industrial world. High-tech electronic products, especially printers, are an inseparable part of the electronics industry, where these products have dynamic properties. Value of sales of Epson printer products in. Indonesia showed as a leader in 2005 by 37.26%. PT. IEI as a company that produces printers has a role and participates in developing the electronics industry in Indonesia. The growth of the sales value of PT. IEI and from 2001 to 2005 reached 78% and there is still a very good chance to further increase its sales value, this is one indicator that the printer industry has good prospects in the future. Based on this fact, a research was conducted in order to map the company's position in the competition and formulate an alternative strategy for the company to increase its competitiveness. The analytical tool used in answering the research objectives is to use the Internal External Matrix which has nine cells to determine the company's position and in selecting alternative strategies, SWOT analysis is used to complete the results of mapping the company's position. In determining the position of the company, it is done by calculating the rating, weight and score of the company based on the evaluation of external factors and the evaluation of internal factors that have been filled in by the respondents. Here the respondents selected are managers and above because they understand more about the state of the company. From the results of the analysis above, it can be seen that the score for External Factor Evaluation (EFE) is 3.09 and for Internal Factor Evaluation (EFI) is 3.06 so that the company's position is in cell II in a state of growth and development. While the alternative corporate strategies from the mapping result are market penetration, market development, product development and horizontal integration through mergers with competitors. Furthermore, the company is recommended to carry out intensive strategies such as: market penetration, product development according to its potential strengths and weaknesses.