DETAIL KOLEKSI

Analisis manajemen rekayasa lalu lintas wilayah kota serang baru


Oleh : Dwian Faizal Wijayanto

Info Katalog

Penerbit : FTSP - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2024

Pembimbing 1 : Budi Hartanto Susilo

Kata Kunci : Traffic Management and Engineering, PTV. Vissim, Financing

Saat ini file hanya dapat diakses dari perpustakaan.

Status : Lengkap

P Perkembangan dan perubahan tata guna lahan yang terjadi di Kota Serang menimbulkan bangkitan dan tarikan perjalanan baru yang sangat berpengaruh terhadap perubahan pola pergerakan lalu lintas yang ada, sebagai Ibukota Provinsi Banten, keberadaan Kota Serang diharapkan dapat mendorong perkembangan wilayah dan perekonomian di wilayah sekitar, hal ini tentunya perlu didukung dengan penyediaan fasilitas sarana dan prasarana yang memadai sebagai penunjang aktivitas penduduknya. Kinerja ruas Jalan Bts. Kota Serang – Bts. Kota Tangerang yang merupakan jalan arteri saat ini sudah memiliki V/C Ratio 0,80 dengan Tingkat Pelayanan/ LoS D yang menandakan kinerja ruas jalan tersebut buruk. Untuk mengatasi hal tersebut, perlu dilakukan identifikasi dan penanganan masalah lalu lintas khususnya di Kawasan Kota Serang Baru dengan memberikan usulan manajemen lalu lintas dan desain rekayasa yang secara langsung memberikan manfaat bagi pengguna jalan. Penelitian ini menggunakan metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) tahun 1997 dan alat bantu aplikasi berupa PTV Vissim. Berdasarkan hasil validasi, data model tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan dengan data eksisting. Oleh karena itu, data model dapat digunakan untuk peramalan 15 tahun mendatang yaitu tahun 2038, hasil kinerja Jalan Bts. Kota Serang – Bts. Kota Tangerang pada tahun 2038 memiliki V/C Ratio 1,35 dengan Tingkat Pelayanan/ LoS F. Untuk meningkatkan kinerja ruas jalan dan kinerja jaringan jalan terdapat beberapa penanganan yang diusulkan. Diantaranya adalah pengaturan hambatan samping, penutupan bukaan median simpang 3 komplek untirta, pemasangan ATCS pada simpang terminal pakupatan, simpang parung dan simpang pakupatan, serta melakukan pelebaran jalan pada ruas Jalan Bts. Kota Serang – Bts. Kota Tangerang. Upaya penanganan yang dilakukan pada tahun 2038 ini telah menghasilkan kinerja yang membaik untuk ruas Jalan Bts. Kota Serang – Bts. Kota Tangerang dengan V/C Ratio 0,64, kecepatan 39,64 km/ jam dan Tingkat Pelayanan/ LoS C.

A As the capital of Banten Province, the existence of Serang City is expected to encourage regional and economic development in the surrounding area, this of course needs to be supported by the provision of adequate facilities and infrastructure to support the activities of its residents. The performance of the Bts. Serang City - Bts. Tangerang City which is an arterial road currently has a V / C Ratio of 0.80 with a Level of Service / LoS D which indicates the performance of the road section is poor. To overcome this, it is necessary to identify and handle traffic problems, especially in the New Serang City Area by providing traffic management proposals and engineering designs that directly benefit road users. This research uses the 1997 Indonesian Road Capacity Manual (MKJI) method and application tools in the form of PTV Vissim. Based on the validation results, the modelled data does not show significant differences with the existing data. Therefore, the model data can be used for forecasting the next 15 years, namely 2038, the performance results of road Bts. Serang City - Bts. Tangerang City in 2038 has a V / C Ratio of 1.35 with a Level of Service / LoS F. To improve the performance of road sections and road network performance, there are several proposed treatments. Among them are setting side obstacles, closing the median opening of the untirta complex 3 intersection, installing ATCS at the pakupatan terminal intersection, parung intersection and pakupatan intersection, and widening the road on the Bts. Serang City - Bts. Tangerang City. The handling efforts carried out in 2038 have resulted in improved performance for the Bts. Serang City - Bts. Tangerang City with a V / C Ratio of 0.64, speed of 39.64 km / h and Level of Service / LoS C.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?