Kajian semiotika pada iklan Kit Gold Series
I Iklan Kit Gold Series merupakan iklan majalah yang dirancang oleh agensi iklan internasional, Draft FCB Jakarta. Iklan Kit Gold Series meliputi 3 seri iklan yaitu Kit Mobster, Kit Snatcher, dan Kit Bullyboy. Pada setiap seri iklan ini komposisi layout sangat identik namun memiliki petanda-petanda yang berbeda.Iklan bergaya non verbal ini didominasi oleh gambar fotografi dengan teks yang sangat sedikit, sehingga menarik untuk dianalisis dengan kajian desain dan semiotika.Ketiga iklan Kit Gold Series memiliki banyak petanda visual yang harus dipahami maknanya oleh audiens. Namun, kurangnya pemahaman masyarakatd alam mengkaji tanda menjadi permasalahan ketika makna dibalik tanda tidak dipahami oleh masyarakat sehingga pesan tidak tersampaikan. Kajian Semiotika pada Iklan Kit Gold Series menganalisis ketiga desain Iklan Kit Gold Series darisisi bentuk (desain) dan makna. Iklan ini mengeksplorasi prinsip penekanan,rangkaian, kesimbangan dan kesatuan dalam visualisasi layout. Dari sisi pemaknaan tanda dalam iklan, semiotika Roland Barthes berperan untuk mengkaji petanda pada pesan linguistik, pesan denotasi, dan pesan konotasi, sehinggamemberikan makna retorika iklan yang menyeluruh.Analisis semiotika iklan Kit Gold Series menghasilkan makna dibalik tiappetandanya melalui pesan linguistik, denotasi dan konotasi. Teks “PerfectlyShiny†sebagai tagline iklan merupakan pesan linguistik yang secara literalmemberikan makna denotasi dari keseluruhan iklan. Didukung oleh petanda imajiberupa adegan-adegan yang saling berhubungan yang disebabkan oleh pantulanbening Kit yang sempurna. Secara konotasi petanda ditafsirkan dengan maknayang lebih luas dan simbolik dimana interpretasi individu sangat dipengaruhi olehpemahaman budaya. Tema mobster, snatcher, dan bully merupakan bagian daribudaya yang dimodifikasi dalam bahasa iklan dengan segala muatan ideologiuntuk mengangkat citra dari produk Kit.Kajian Semiotika pada Iklan Kit Series/Mulky Aulia Hamdy,2011viiKajian Semiotika pada Iklan Kit Gold Series adalah satu dari sekianbanyak judul penelitian semiotika. Kajian ini diharapkan dapat memberikanmanfaat bagi praktisi iklan dalam menterjemahkan dan memaknai bahasa tandavisual. Kajian ini juga diharapkan dapat memberikan kontribusi ilmiah dalamranah kajian semiotika bagi akademisi dan masyarakat.Kata Kunci: Iklan, Desain, Semiotika, Retorika Imaji.
K Kit Gold Series advertising is a magazine ad designed by an international advertising agency, Draft FCB Jakarta. Kit Gold Series includes 3 series of ads,which are Kit Mobster, Kit Snatcher, and Kit Bullyboy. Each ad series has identical layout compostion but with a different signifiers. It is a Non-verbal stylead uses photograpy images with less text, so it is interesting to analyze by design and semiotics study.Gold Series Kit ads has a lot of visual signs that the meaning has to be understood by the audience. However, the lack of people understanding in assessing the sign become a problem when the meaning behind the sign is not understood by the public, so that the message is not conveyed. Semiotics studies on Kit Gold Series Ad analyzes the three ads from the form (design) and the meaning. These ads explore the principle of emphasis, sequence, balance and unity in its visual layout. From the meaning of the sign in advertising, semiotics of Roland Barthes study the sign of linguistic message, dennotation message and connotation message, thus providing a comprehensive meaning of advertising rhetoric.Semiotic analysis of Kit Gold Series ad produce the meanings behind each signified through linguistic, denotative and connotative message. The text"Perfectly Shiny" as the ad tagline is a linguistic message that literaly gives denotative meaning of the whole ad. Supports by the signifiers of the image in the form of inter connected secenes caused by the perfect shiny of the Kit. The connotative sign is interpreted with the bigger meaning and symbolic which dividual interpretation is influenced by cultural understanding. Mobster,snatcher, and bullies theme are part of the culture which are modified in the adlanguage with every ideology contents to increase the values of Kit product.Semiotics studies on Kit Gold Series ad is one of the many titles of semiotics research. The review is expected to provide benefits for practitioners to translate and interpret advertising in the language of visual signs. This study also expected to contribute to the scientific study of semiotics in the realm of academia and society.