Anteseden purchase intention produk kosmetik lokal pada e-commerce
Penerbit : FEB - Usakti
Kota Terbit : Jakarta
Tahun Terbit : 2025
Pembimbing 1 : Diah Astarini
Pembimbing 2 : Nama Saya
Kata Kunci : information quality, source credibility, information usefulness, information adoption, purchase inte
Status Posting : Published
Status : Lengkap
No. | Nama File | Hal. | Link |
---|---|---|---|
1. | 2025_SK_SMJ_022002106028_Halaman-Judul.pdf | ||
2. | 2025_SK_SMJ_022002106028_Surat-Pernyataan-Revisi-Terakhir.pdf | ||
3. | 2025_SK_SMJ_022002106028_Surat-Hasil-Similaritas.pdf | ||
4. | 2025_SK_SMJ_022002106028_Halaman-Pernyataan-Persetujuan-Publikasi-Tugas-Akhir-untuk-Kepentingan-Akademis.pdf | 1 | |
5. | 2025_SK_SMJ_022002106028_Lembar-Pengesahan.pdf | 1 | |
6. | 2025_SK_SMJ_022002106028_Pernyataan-Orisinalitas.pdf | ||
7. | 2025_SK_SMJ_022002106028_Formulir-Persetujuan-Publikasi-Karya-Ilmiah.pdf | ||
8. | 2025_SK_SMJ_022002106028_Bab-1.pdf | ||
9. | 2025_SK_SMJ_022002106028_Bab-2.pdf |
|
|
10. | 2025_SK_SMJ_022002106028_Bab-3.pdf |
|
|
11. | 2025_SK_SMJ_022002106028_Bab-4.pdf |
|
|
12. | 2025_SK_SMJ_022002106028_Bab-5.pdf | ||
13. | 2025_SK_SMJ_022002106028_Daftar-Pustaka.pdf | 8 | |
14. | 2025_SK_SMJ_022002106028_Lampiran.pdf |
|
P Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi niat beli produk kosmetik lokal di platform e-commerce. penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei yang dikumpulkan melalui kuesioner dari 100 responden secara offline dan 100 responden secara online, dengan total responden terkumpul sebanyak 200 responden. pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan kriteria pengguna kosmetik lokal, aktif di instagram, mengikuti beauty influencer, dan membaca ulasan kosmetik lokal dari influencer. analisis data dilakukan menggunakan structural equation modeling (sem) dengan program amos.hasil penelitian menunjukkan bahwa information quality dan source credibility berpengaruh positif terhadap information usefulness, information usefulness berpengaruh positif terhadap information adoption, dan information adoption berpengaruh positif terhadap purchase intention. manajer brand kosmetik lokal perlu berfokus pada pengembangan strategi pemasaran yang memanfaatkan influencer untuk menyampaikan informasi yang jelas, relevan, dan kredibel. meningkatkan information quality yang disampaikan dapat memperkuat kepercayaan konsumen dan mendorong keputusan pembelian. selain itu, kolaborasi dengan influencer yang memiliki kredibilitas tinggi dapat meningkatkan efektivitas pemasaran dan memperluas jangkauan pasar. penelitian selanjutnya dapat menyertakan variabel lain yang ikut mempengaruhi purchase intention, seperti variabel information quantity dan mencakup analisis di berbagai platform media sosial, seperti tiktok, youtube, facebook, dan lainnya.
T This study aims to analyze the factors influencing the purchase intention of local cosmetic products on e-commerce platforms. the research employs a quantitative approach using a survey method, collecting data from 100 respondents offline and 100 respondents online, with a total of 200 respondents. the sampling method used is purposive sampling with criteria for local cosmetic users who are active on instagram, follow beauty influencers, and read reviews of local cosmetics from influencers. data analysis is conducted using structural equation modeling (sem) with the amos program.the results indicate that information quality and source credibility positively affect information usefulness, information usefulness positively influences information adoption, and information adoption positively impacts purchase intention. local cosmetic brand managers need to focus on developing marketing strategies that leverage influencers to convey clear, relevant, and credible information. improving the information quality provided can strengthen consumer trust and encourage purchasing decisions. additionally, collaboration with highly credible influencers can enhance marketing effectiveness and expand market reach. future research could include other variables that also influence purchase intention, such as information quantity, and encompass analyses across various social media platforms, such as tiktok, youtube, facebook, and others.