Usulan penerapan strategi perusahaan berdasarkan analisa SWOT untuk meningkatkan daya saing di PT. Era Mata Air
P PT. ERA GRAHAREALTY (dikenal dengan nama ERA INDONESIA) adalah pemegang tunggal master franchise ERA untuk seluruh Indonesia, resmi beroperasi pada tanggal 8 Mei 1992. Saat ini ERA Indonesia sudah memiliki lebih dari 130 kantor Member Broker dan lebih dari 2850 Marketing Associates aktif yang tersebar di kota-kota besar di Indonesia: Jakarta, Cibubur, Pontianak, Cirebon, Balikpapan, Solo, Manado, Tegal, Tangerang, Bekasi, Bandung, Malang, Surabaya, Semarang, Denpasar, Banjarmasin, Makassar, Palembang, Batam, Samarinda, Tarakan dan Yogyakarta. ERA Mata Air ialah sebuah perusahaan waralaba dari ERA Indonesia yang bergerak di bidang agen properti. Perusahaan ini terletak di kawasan Kebayoran Baru tepatnya di Jalan Barito 2, No. 33 B, Jakarta Selatan dan merupakan pemain pertama bisnis ini dilokasi tersebut. Tetapi seiring dengan berjalannya waktu perusahaan ini kini sedang menghadapi persaingan yang ketat dari para pendatang baru. Sehingga diperlukannya strategi yang tepat dan sesuai dengan kondisi internal dan eksternal perusahaan guna memperoleh keunggulan bersaing dibandingkan dengan para pesaingnya. Visi dari ERA akan menjadi perusahaan pilihan konsumen dan agen pemasaran karena Marketing Associates ERA berpikiran jauh kedepan, berorientasi pada hasil, dan melakukan pemasaran dengan pendekatan proaktif serta mengenal etika bisnis karena mereka dibekali dengan training, perangkat pemasaran terbaik untuk menyelesaikan pekerjaan mereka. Konsumen akan sepenuhnya percaya bahwa mereka dibantu oleh agen professional yang memberikan pelayanan dan integritas terbaik. Analisa pertama dilakukan berdasarkan kondisi internal yaitu kekuatan dan kelemahan yang dimiliki serta kondisi eksternal yaitu peluang dan ancaman yang dihadapi oleh perusahaan. Data tersebut dikumpulkan berdasarkan pengumpulan data primer yaitu melalui wawancara juga diperoleh melalui pengumpulan data sekunder berupa tabloid, Koran, buku, dsbnya. Setelah diketahui kondisi internal dan eksternal perusahaan maka langkah selanjutnya ialah menentukan berbagai strategi alternatif yang nantinya beberapa strategi yang terbaik akan diusulkan kepada perusahaan. Secara umum strategi alternative terbagi kedalam 4 jenis strategi dari analisa SWOT antara lain yaitu strategi SO, WO, ST, WT. Dari berbagai strategi alternatif yang yang telah ditentukan tidak semuanya direkomendasikan kepada perusahaan tetapi hanya beberapa strategi terbaik saja yang paling tepat untuk diimplementasikan perusahaan saat ini. Penentuan strategi terbaik dilakukan berdasarkan 2 metode yaitu QSPM dan Pairwise Comparison dari metode AHP, agar strategi terbaik yang dihasilkan benar-benar sesuai dengan yang sedang paling dibutuhkan oleh perusahaan. Pengumpulan data pada tahap ini juga dilakukan melalui kuesioner untuk menentukan daya tarik dari setiap strategi dan tingkat kepentingan strategi. Dari hasil perhitungan pemilihan strategi terbaik ini diperoleh 4 strategi terbaik yaitu: bekerjasama dengan menjadi agen penjualan dari proyek-proyek real estate baru, lebih gencar memasarkan apartemen di lokasi strategis dengan harga berkisar 200 hingga 400-an juta rupiah, menambah jumlah marketing yang ada saat ini, meningkatkan pemasaran melalui iklan yang lebih gencar.
P PT. ERA GRAHA REALTY (Known as ERA Indonesia) is the main holder master franchisee ERA for Indonesia, officially operated in May 8 III, 1992. At this moment ERA Indonesia has more than 130 member broker office and more than 2850 active marketing associate which were spread on the big city in Indonesia; Jakarta, Cibubur, Pontianak, Cirebon, Balikpapan, Solo, Manado, Tegal, Tangerang, Bekasi, Bandung, Malang, Surabaya, Semarang, Denpasar, Banjarmasin, Makassar, Palembang, Batam, Samarinda, Tarakan, and Yogyakarta.ERA Mata Air is one of ERA Indonesia franchisee company. The subject of this company is in property sector. The company is located at Kebayoran Baru, Jalan Barito II No. 33 B, South Jakarta , and become the first property agent company at this location. Through the time, now company is facing tight competition from the new corners. In order to win the competition, the company needs the appropriate strategies based on company internal and external condition in the aim to get competitive advantage in comparing with its competitors.ERA vision is becoming an favorite company for customer and marketing agent because ERA marketing associate has a future vision, oriented to the result, and do a market with proactive approach and has a business manner because they are given a training, best equipment marketing in finishing their duty. The customer will full of certainty that they are handled by the professional agent who give service and best integrity.The first of analyze is done based on company internal condition (strengths and weakness) and external condition (opportunities and threats). The data was collected from primary data collection by interviewing the company members who know exactly the internal condition of the company. For external condition the data was collected beside from primary data collection by interview and questioner but also from secondary data collection from tabloids, newspapers, books, etc.After analyze the internal and external of the company condition, the next step is to determine the alternative strategies which the best of those strategy will be proposed to the company. Generally the alternative strategies were divided 4 types strategy of SWOT analyze such as SO, WO, ST and WT strategy.From the several of alternative strategy not all of those strategies will be proposed to be implemented to the company but only several the best of those. To determine the best strategy is done by using 2 methods; QSPM and Pairwise Comparison of AHP method, in the aim that the best strategies are the strategy that really necessary for the company. In this stage, the data collection was done by questioner of attractive score and the importance level of all strategies. The result of the election of the best strategy such as; to be the selling agent of the new real estate projects, more effort to market apartment with strategic location and with price range 200 until 400s millions Rupiahs, adding more marketing associate, increasing market by more advertising effort.