Perancangan komunikasi visual kampanye sosial aplikasi bank sampah berbasis lokasi Jakarta
J Jakarta adalah wilayah yang memiliki konstribusi besar terhadap volume sampah di Indonesia, aplikasi Bank Sampah di Jakarta menjadi portal masyarakat dalam berpatisipasi menanggulangi sampah Jakarta. Karena kegunaan aplikasi Bank Sampah yang dapat meningkatkan minat masyarakat Jakarta pada era teknologi maka harus memperhatikan tampilan desain antarmukanya. Penelitian ini mengevaluasi respon pengguna terhadap desain antarmuka aplikasi Bank Sampah di Jakarta, untuk dijadikan bahan pengembangan dalam perancangan tampilan desain antarmuka aplikasi Bank Sampah yang lebih baik. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan metode pengumpulan data dari observasi, kuesioner, wawancara, dan referensi pustaka. Analisis dilakukan terhadap peningkatan volume sampah yang berpengaruh terhadap lingkungan, dan elemen-elemen desain yaitu tipografi, warna, layout, gambar, ikon, proses tahapannya, dan menu pada aplikasi sejenis. Hasil dari penelitian ini adalah membuat aplikasi Bank Sampah dengan desain yang baik, dan proses tahapan yang mudah supaya meningkatkan minat dan kepedulian masyarakat terhadap aplikasi Bank Sampah.
J Jakarta is a region with a large contribution to the volume of waste in Indonesia. Waste Bank application in Jakarta has become a portal for society to participate in tackling Jakarta's waste. In this technological era, Waste Bank application can increase the interest of the people of Jakarta. Therefore, the appearance of interface design should be considered carefully. This study evaluates the user's response to the design of the Waste Bank interface in Jakarta, to make a development in designing the appearance of a better Bank Waste application. The method used is descriptive qualitative method, with methods of collecting data from observations, questionnaires, interviews, and references. Analysis is made towards the increasing of the volume of waste which affect the environment and design elements such as typography, color, layout, image, icon, stages of process and menu in similar applications. The results of this study are to make a well-designed Waste Bank application and a step process that can easily increase public interest and concern for the Waste Bank application