Perancangan komunikasi visual kampanye penyebaran mobil listrik demi mengurangi polusi udara
A Akibat kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, tingkat produksi pada mobil listrik terus mengalami peningkatan. Secara umum di dunia otomotif, penggunaan mobil bermesin pembakaran dalam dapat menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan dan lingkungan. Saat ini masih banyak masyarakat khususnya diperkotaan yang menggunakan mobil bermesin pembakaran dalam. Permasalahan bagi masyarakat ialah mengenai harga mobil listrik yang masih melambung tinggi dan akhirnya masyarakat lebih memilih menggunakan mobil bermesin pembakaran dalam. Saat ini masih minim sekali media kampanye sosial yang disajikan, dan juga masih minimnya pembahasan detail mengenai mobil listrik dan apa saja dampak baik bagi kesehatan lingkungan agar bisa mengurangi polusi udara akibat asap mobil bermesin pembakaran dalam. Visualisasi Kampanye Penyebaran Mobil Listrik Demi Mengurangi Polusi Udara dilakukan sebagai media penyampaian pesan kepada masyarakat yang masih menggunakan mobil bermesin pembakaran dalam, “Go Electric†sebagai nama kampanye yang diharapkan dengan adanya kampanye sosial penyebaran mobil listrik demi mengurangi polusi udara ini dapat dipahami betapa pentingnya menggunakan mobil listrik dikondisi udara pada lingkungan yang semakin tercemar ini. Metode yang digunakan penelitian dalam meneliti penyebaran mobil listrik demi mengurangi polusi udara ini adalah kualitatif deskriptif. Hasil perancangan visual berupa visualisasi kampanye sosial yang menggambarkan seperti apa perbedaan kondisi udara pada lingkungan ketika masih menggunakan mobil bermesin pembakaran dalam dan yang sudah menggunakan mobil listrik menurut data yang sudah didapat dan visualisasi yang dapat mendorong masyarakat untuk dapat mengerti dan berniat untuk memiliki mobil listrik. Visual yang akan dibuat melalui beberapa media visual seperti ambient media serta media pendukung lainnya yang dapat memberikan daya tarik serta pengalaman yang lebih kepada khalayak sasaran dengan media yang interaktif dan informatif yang memanfaatkan ruang public di ranah online dan pada fasilitas umum.
A As a result of advances in science and technology, the level of production of electric cars continues to increase. In general, in the automotive world, the use of internal combustion engine cars can have a negative impact on health and the environment. Currently, there are still many people, especially in urban areas, who use internal combustion engine cars. The problem for the community is regarding the price of electric cars which are still soaring and in the end people prefer to use cars with internal combustion engines. At present there is still very little social media campaign presented, and also there is still a lack of detailed discussion about electric cars and what are the good impacts on environmental health in order to reduce air pollution due to smoke from internal combustion engine cars. Visualization of the Campaign for Spreading Electric Cars to Reduce Air Pollution is carried out as a medium for conveying messages to people who still use internal combustion engine cars, \"Go Electric\" as the name of the campaign which is expected with the existence of a social campaign for spreading electric cars to reduce air pollution, it can be understood how important it is to use air conditioned electric cars in this increasingly polluted environment. The research method used in examining the spread of electric cars to reduce air pollution is descriptive qualitative. The results of the visual design are in the form of visualization of social campaigns that illustrate what the differences in air conditions are like in the environment when still using internal combustion engine cars and those who are already using electric cars according to the data that has been obtained and visualizations that can encourage people to be able to understand and intend to own electric cars. Visuals will be created through several visual media such as ambient media and other supporting media which can provide more attractiveness and experience to the target audience with interactive and informative media that utilize public spaces in the online realm and in public facilities.