Peranan desain komunikasi visual dalam promosi vending machine tukar pintar sebagai media pendistribusian uang rupaih baru di Indonesia
P Penulisan ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan masyarakat akan uang Rupiah baru, dan belum meratanya pendistribusian uang Rupiah baru di Indonesia. Melalui penulisan karya ilmiah pengantar tugas akhir ini, penulis diharapkan dapat merencanakan dan merancang promosi kampanye sosial dengannama TUKAR PINTAR dalam ruang lingkup desain komunikasi yang meliputi pada kegiatan perancangan desain, pemilihan visual, pemilihan tipografi, pembuat desain dan mengimplementasikan dalam item-item komunikasi yang dipilih. Masalah umum pembuatan penulisan ini mengenai bagaimana peran desain komunikasi visual terhadap promosi kampanye sosial vending machine TUKAR PINTAR untuk membatu pendistribusian uang rupiah baru secara merata diseluruh Indonesia. Melalui penulisan ini, pemecahan masalah dilakukan dengan menggunakan metode pengumpulan data yang dibedakan berdasarkan sumbernya yaitu: metode pengumpulan data primer dan metode pengumpulan data sekunder. Metode ini untuk memperoleh informasi tentang kebutuhan masyarakat tentang uang Rupiah baru, strategi untuk promosi yang tepat. Adapun yang dipaparkan pada penulisan ini untuk menyelesaikan masalah yang ada, yaitu pendistribusian uang Rupiah baru yang belum merata, kebutuhan masyarakat akan uang Rupiah baru namun sulit untuk mendapatkannya. Masyarakat akan mudah mendapatkan uang Rupiah baru dengan adanya kampanye sosial TUKAR PINTAR.
T This writing is motivated by the needs of the community will the new Rupiah money, and the unequal distribution of new Rupiah money in Indonesia. Through the writing of scientific papers introduction of this final task, the authors are expected to plan and design the promotion of social campaigns with the name PENGAR PINTAR within the scope of communication design including design activities, visual selection, typography selection, design maker and implements in selected communication items . The general problem of this writing is about how the role of visual communication design on the promotion of social campaign vending machine APPENDIX to help petrify the distribution of new rupiah money evenly throughout Indonesia. Through this writing, problem solving is done by using the method of data collection is distinguished by its source, namely: method of collecting primary data and secondary data collection methods. This method is to obtain information about the community's need for new Rupiah money, strategies for proper promotion. As described in this paper to solve existing problems, namely the distribution of new Rupiah money that is not evenly distributed, the community needs new Rupiah money but difficult to get it. The community will be able to easily earn new Rupiah money with a social campaign of PENDAR.