Perumusan strategi bersaing untuk ud deli koffie indonesia dengan menggunakan metode qspm
U Usaha dagang (UD) Deli Koffie Indonesia merupakan salah satu UsahaMikro Kecil Menengah (UMKM) yang bekerja dalam bidang kopi. Masalah yangdialami oleh perusahaan adalah hilangnya keuntungan. Karena beberapa faktoryang tidak dapat diprediksi seperti pandemi dan shiftnya pembeli dari memesanlangsung dari kafe ke Online Food Delivery (OFD) Penelitian ini dilakukanuntuk mencari tau strategi yang terbaik untuk digunakan oleh perusahaan,dengan menggunakan Quantative Strategic Planning Matriks (QSPM). Metodeuntuk memformulasi strategi yang akan digunakan yaitu matriks SWOT danmatriks grand strategy. Dari 6 strategi yang diformulasikan oleh SWOTditemukan strategi terbaik yaitu membuat produk lebih murah dengan nilaisebanyak 5.35. Jika hasil tersebut dibandingkan dengan strategi general yangdiformulasikan oleh matriks grand strategy, maka dapat ditentukan bahwastrategi tersebut cocok dengan market penetration.
T The Deli Koffie Indonesia trading business (UD) is one of the businessesMicro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) who work in the coffee sector. That problemexperienced by the company is a loss of profits. Due to several factorsunpredictable ones like the pandemic and shifts in buyers from orderingdirectly from the cafe to Online Food Delivery (OFD). This research was conductedto find out the best strategy for the company to use,using Quantative Strategic Planning Matrix (QSPM). Methodto formulate the strategy that will be used, namely the SWOT matrix andgrand strategy matrix. Of the 6 strategies formulated by SWOTfound the best strategy is to make products cheaper with valueas much as 5.35. If these results are compared with the general strategyformulated by the grand strategy matrix, it can be determined thatThis strategy is suitable for market penetration.