Usulan strategi perusahaan untuk menjaga pangsa pasar kapal docking di PT.Pertamina perkapalan unit usaha dok sorong Yos Soedarso Jakarta dengan metode QSPM
P PT. Pertamina Jasa Maritim Dok. Sorong merupakan perusahaan yang bergerak di bidang perbaikan kapal dan penyewaan alat apung di wilayah timur Indonesia. Persaingan yang ketat di bidang perbaikan kapal, khususnya di wilayah timur Indonesia membuat Jasa Maritim Dok. Sorong bergerak cepat untuk menjadi yang terdepan, akan tetapi dalam perjalanannya ditemukan beberapa kendala balk itu dari faktor internal ataupun eksternal perusahaan. Diantara permasalahan yang ada adalah pesaing yang timbul dari pihak swasta untuk jasa perbaikan kapal dan kebijakan perusahaan yang membatasi Jasa Maritim Dok. Sorong dalam menentukan kebijakan perusahaan. Setelah dilakukan perhitungan dan analisa data yang di dapat dalam penelitian, maka ditemukan beberapa strategi yang dapat di gunakan untuk sebagai usulan strategi perusahaan. Adapun dari analisa yang dilakukan dapat dilihat melalui hubungan faktor kekuatan dan kelemahan bahwa yang mempemgaruhi adalah sudah mempunyai fasilitas yang cukup tetapi belum mempunyai sumber daya manusia yang cukup. Sedangkan dilihat dari hubungan faktor peluang dan ancaman, yang mempengaruhi adalah kepercayaan konsurnen terhadap perusahaan akan tetapi harga perbaikan yang cukup tinggi. Akhirnya didapatkan usulan startegi yang tepat yaitu dengan menerapkan Strategi Penetrasi Pasar, yang diperoleh dengan menggunakan metode matriks IFE dan EFE, lalu di lanjutkan dengan mencari hubungan antara faktor kelemahan, kekuatan, peluang dan ancaman dengan matriks SWOT dan terakhir diformulasikan stretegi yang tepat dengan menggunakan matriks QSPM, dengan bobot total skor tertinggi 6.502.
P PT.Pertamina services maritime doe. Sorong is moving company in the field of repairs ships and rental driftwood instrument in the eastern indonesia region.Intense competition in the field, repairs ships particularly in the eastern Indonesia regions renders service maritime doe. Sorong move quickly to a leader, but in his good found several problems of the internal and external company. Among the existing problems are competitors arising from private parties to merit repairs ships and services company policy that restricts maritime doc. Sorong in determining company policy. Having performed calculation and data analysis, in research, in be then found some strategies that can be in use for as proposed strategy firm. The analysis of performed can be seen through the strength and weakn ss that factors affecting facility is already had sufficient but not yet have sufficient h an resources. Meanwhile seen from chances and threats, the ties affecting is consumers confidence against the company but corrective price high enough. Finally got the proposal startegi proper namely by implementing strategy, market penetration obtained by using methods cuticular e4Cand a matrix ago in continue with encontrar relations between factor weakness, power, opportunity and threats matrix of training and finally completely new, formulated proper qspm, by using a matrix with weights total highest score 6.502.