Analisis pondasi jembatan dengan tiang miring pada Jembatan Cisomang
J Jembatan adalah suatu konstruksi yang gunanya untuk meneruskan jalan melalui suaturintangan yang berada lebih rendah. Keamanan jembatan menjadi faktor utama yangharus diperhatikan dalam perancangan jembatan. Beban primer, beban sekunder, danbeban khusus harus dalam perancangan jembatan agar memiliki ketahanan dalammenopang beban – beban tersebut. Keselamatan dan keamanan pengguna jembatanmenjadi hal penting yang harus diutamakan.Pada tiang jembatan selain bisa menahanbeban aksial harus bisa menahan beban lateral. Hal ini banyak dilupakan oleh konsultanperencana pada saat mendesain jembatan. Pada kasus ini Jembatan Cisomang mengalamipergeseran tanah yang berakibat tiang retak dan juga bisa timbul kelongsoran akibatbeban lateral yang tidak diperhitungkan.Untuk menghitung beban – beban tersebut kitabisa memperkirakan dari tekanan tanah dan juga stabilitas lereng. Dari hasil tersebut bisa didapatkan beban lateral yang bisa ditahan oleh jembatan dan juga bisa memperkirakan untuk memakai ukuran dan panjang pada tiang tersebut.
A A bridge is a useful construction for continuing its way through a lower obstacle.Bridge safety is a major factor to be considered in the design of the bridge.Primary loads, secondary loads, and special loads shall be in the design of thebridge in order to have resilience in supporting such loads. The safety and securityof bridge users is an important thing that should be prioritized. In addition tobeing able to withstand axial loads, the axial should be able to withstand lateralloads. This has been largely forgotten by consultants planning when designingbridges. In this case Cisomang Bridge undergoes a shifting of the soil whichresulted in a cracked pole and can also arise due to lateral loads that are not takeninto account. To calculate the loads we can estimate from the soil pressure andalso the slope stability. From these results can be obtained lateral loads that can beretained by the bridge and can also estimate to wear the size and length of thepole.