Analisis pengaruh karakteristik perusahaan terhadap biaya utang pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia
T Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisa pengaruh Karakteristik Perusahaan, yakni yang tergambar melalui Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan, Profitabilitas Perusahaan dan Leverage Perusahaan, terhadap Biaya Utang.Populasi dari penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI selama periode 2012-2014, sampel penelitian diperoleh menggunakan metode purposive sampling. Data yang digunakan merupakan data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan tahunan yang dapat diakses di website Bursa Efek Indonesia (www.idx.co.id). Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kausalitas dan model penelitian yang digunakan adalah multiple linear regression.Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan variabel Leverage Perusahaan (Age) berpengaruh signifikan positif terhadap Variabel Biaya Utang. Untuk variabel independen Ukuran Perusahaan (Firm Size), Profitabilitas Perusahaan (Profitability) dan Umur Perusahaan (Age) tidak berpengaruh signifikan terhadap Biaya Utang.
T The Purpose of this research is analyzing the effect of Firm Characteristics that reflected through Firm Size, Age, profitability and leverage against Cost Of Debt.The population included are manufacturing companies, which are listed in Indonesian Stock Exchange during the period 2012-2014, whereas the sample selection is done by purposive sampling. The information contained is derived from annual financial report's secondary data in Indonesian Stock Exchange’s website (www.idx.co.id). This causality descriptive research, with multiple linear regression as the model analysis method.The result shown that leverage variables significantly affect on the cost of debt. Firmsize, Profitability and Age individually no effect on the cost of debt.