Pengaruh fraud diamond terhadap kecurangan akademik mahasiswa akuntansi di Jakarta
P Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh fraud diamond terhadap kecurangan akademik mahasiswa akuntansi di Jakarta.. Penelitian ini dilakukan dengan metode survei melalui penyebaran kuesioner kepada mahasiswa akuntansi di8 Universitas di Jakarta yaitu, Universitas Trisakti, Universitas Bina Nusantara, Universitas Tarumanegara, Universitas Kristen Indonesia, Universitas Pelita Harapan, Unika Atma Jaya, Universitas Indonesia dan Universitas Al-Azhar. Metode analisis data yang digunakan untuk mengetahui pengaruh antar variabel adalah regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tekanan akademik (pressure) tidak berpengaruh terhadap kecurangan akademik. Sedangkan, peluang (opportunity), rasionalisasi (rationalization), kemampuan (capability) berpengaruh terhadap kecurangan akademik. Kesimpulannya adalah semakin tinggi tekanan akademik (pressure) tidak dapat mempengaruhi tindakan kecurangan akademik yang dilakukan oleh mahasiswa. Sedangkan semakin tinggi peluang (opportunity), rasionalisasi (rationalization) dan kemampuan (capability) akan semakin mempengaruhi tindakan kecurangan akademik yang dilakukan oleh mahasiswa.
T This study aimed to analyze the effect of fraud diamond and academic fraud accounting students in Jakarta. The research was conducted by survey distributing questionnaires to accounting students at eight universities in Jakarta, namely, Universitas Trisakti, Universitas Bina Nusantara, Universitas Tarumanegara, Universitas Kristen Indonesia, Universitas Pelita Harapan, Unika Atma Jaya, Universitas Indonesia dan Universitas Al-Azhar. Data analysis methods used to determine the influence between variables is multiple regression. The results of this study indicate that academic pressure has no effect on academic cheating. Meanwhile, opportunity, rationalization, capability affect the academic cheating . Higher academic pressure can not influence the actions of academic fraud committed by a student. Meanwhile, the higher opportunity, rationalization and capability will increasingly influence the actions of academic fraud committed by a student.