Peranan desain komunuikasi visual dalam kampanye sosial bahaya menggunakan telepon seluler saat berkendara
Nomor Panggil : 0018/DKV/2016
Penerbit : FSRD - Usakti
Kota Terbit : Jakarta
Tahun Terbit : 2016
Pembimbing 1 : Elda Franzia
Pembimbing 2 : Menul Teguh Riyanti
Subyek : Visual communication;Communication in social action;Cell phones and traffic accidents
Kata Kunci : visual communication design, social campaigns, the dangers of using cell phones, while driving
Status Posting : Published
Status : Lengkap
No. | Nama File | Hal. | Link |
---|---|---|---|
1. | 2016_TA_DKV_09108267_halaman-judul.pdf | 12 | |
2. | 2016_TA_DKV_09108267_-Bab-1.pdf | 8 | |
3. | 2016_TA_DKV_09108267_-Bab-2.pdf |
|
|
4. | 2016_TA_DKV_09108267_-Bab-3.pdf |
|
|
5. | 2016_TA_DKV_09108267_-Bab-4.pdf |
|
|
6. | 2016_TA_DKV_09108267_-Bab-5.pdf |
|
|
7. | 2016_TA_DKV_09108267_-Bab-6.pdf |
|
|
8. | 2016_TA_DKV_09108267_-Daftar-Pustaka.pdf | 1 |
P Penulisan ini dilatarbelakangi oleh rasa peduli dan perihatin penulisterhadap gaya hidup masyarakat saat ini, aktivitas masyarakat berkendaradengan seluler adalah kegiatan berbahaya dan sangat dilarang karenabanyaknya angka kecelakaan dan kematian yang diakibatkan kegiatantersebut. Berkendara dengan seluler ini terjadi karena beberapa faktor, sepertikecanduan bermain sosial media, mendengarkan musik ataupun hanyasekedar mengangkat telepon dan membalas SMS.Melalui penulisan ini, pemecahan masalah dilakukan dengan metodedeskriptif, melalui penelitian secara kualitatif, serta menggunakan pendekatandesain komunikasi visual, yang bertujuan untuk mengurangi angkakecelakaan.Adapun yang dipaparkan pada penulisan ini untuk menyelesaikanmasalah yang ada. Penulis terdorong untuk membuat sebuah kampanye sosialuntuk menyadarkan dan memberikan informasi kepada masyarakat umum,pentingnya keselamatan bagi diri sendiri dan juga orang lain, denganmembuat identitas visual sesuai dengan target sasarannya saat ini, khususnyaanak-anak remaja yang sering lupa akan keselematan. Hal tersebut menjadisalah satu landasan penulis merancang kampanye sosial mengenai “BahayaMenggunakan Telepon Seluler Saat Berkendara†untuk menyadarkanmasyarakat dan mengurangai angka kecelakaan.