DETAIL KOLEKSI

Tinjauan proses verifikasi surat pertanggungjawaban dalam pengawasan penggunaan anggaran publik pada pemerintah Daerah Kota Tangerang


Oleh : Anggi Yuniati

Info Katalog

Nomor Panggil : 2023_TA_ASP_027132001006

Penerbit : FEB - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2023

Pembimbing 1 : Sofie

Subyek : Corporate governance - Management;Program budgeting

Kata Kunci : verification, accountability letter (spj), budget

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2023_TA_ASP_027132001006_Halaman-Judul.pdf 10
2. 2023_TA_ASP_027132001006_Lembar-Pengesahan.pdf
3. 2023_TA_ASP_027132001006_Bab-1-Pendahuluan.pdf 6
4. 2023_TA_ASP_027132001006_Bab-2-Kerangka-Teoritis.pdf 11
5. 2023_TA_ASP_027132001006_Bab-3-Gambaran-Umum.pdf
6. 2023_TA_ASP_027132001006_Bab-4-Hasil-dan-Pembahasan.pdf
7. 2023_TA_ASP_027132001006_Bab-5-Kesimpulan.pdf
8. 2023_TA_ASP_027132001006_Daftar-Pustaka.pdf
9. 2023_TA_ASP_027132001006_Lampiran.pdf

V Verifikasi Surat Pertanggungjawaban (SPJ) menjadi salah satu bentuk pengendalian internal dalam pengawasan penggunaan anggaran publik, dimana verifikasi ini bertujuan untuk memastikan setiap kegiatan sudah terlaksana secara efektif, efisien, transparan, dan akuntabilitas sebagai prasyarat penting tercapainya tujuan pembangunan daerah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan metode analisis data deskriptif kualitatif, melalui observasi langsung, studi dokumen terkait, dan wawancara. Dalam penelitian ini ditemukan beberapa kendala dalam proses verifikasi, yaitu banyaknya koreksi pada saat pencocokan data antara kwitansi dinas dengan Dokumen Pengguna Anggaran (DPA), ketidaksesuaian antara total anggaran yang diajukan dan diterima dengan total perhitungan anggaran yang terealisasikan dan adanya keterlambatan penyerahan dokumen Surat Pertanggungjawaban (SPJ) yang menyebabkan proses verifikasi menumpuk. Solusi yang telah dilakukan, yaitu melakukan koordinasi langsung dan komunikasi yang intensif dan meningkatkan ketelitian, verifikator membuat laporan verifikasi yang berisi catatan kekurangan, verifikator juga membuat surat pemberitahuan SPJ yang belum diserahkan agar dapat diverifikasi, dan adanya pemeriksaan eksternal oleh Inspektorat Keuangan atau Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

V Verification of Accountability Letters (SPJ) is one form of internal control in monitoring the use of public budgets, where this verification aims to ensure that each activity has been carried out effectively, efficiently, transparently, and accountably as an important prerequisite for achieving regional development goals. The data collection method used is descriptive qualitative data analysis method, through direct observation, study of related documents, and interviews. In this study, several obstacles were found in the verification process, namely the number of corrections when matching data between official receipts and Budget User Documents (DPA), the discrepancy between the total budget submitted and received with the total budget calculation realized and the delay in submitting the Accountability Letter (SPJ) document which caused the verification process to accumulate. Solutions that have been made, namely direct coordination and intensive communication and increasing accuracy, verifiers make verification reports containing deficiency notes, verifiers also make SPJ notification letters that have not been submitted so that they can be verified, and there is an external examination by the Inspectorate of Finance or the Supreme Audit Agency (BPK).

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?