DETAIL KOLEKSI

Analisa kegagalan korosi pada bushing aktuator dari katup kontrol


Oleh : Bambang Sukiyono

Info Katalog

Subyek : Corrosion;Mechanical engineering

Penerbit : FTI - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2013

Pembimbing 1 : Dody Prayitno

Kata Kunci : corrosion, bushing, control valve

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2013_TS_MTM_161090006_Halaman-Judul.pdf
2. 2013_TS_MTM_161090006_Lembar-Pengesahan.pdf
3. 2013_TS_MTM_161090006_Bab-1_Pendahuluan.pdf
4. 2013_TS_MTM_161090006_Bab-2_Tinjauan-Pustaka.pdf
5. 2013_TS_MTM_161090006_Bab-3_Metodologi-Penelitian.pdf
6. 2013_TS_MTM_161090006_Bab-4_Analisis-Hasil-dan-Pembahasan.pdf
7. 2013_TS_MTM_161090006_Bab-5_Kesimpulan-Saran.pdf
8. 2013_TS_MTM_161090006_Daftar-Pustaka.pdf
9. 2013_TS_MTM_161090006_Lampiran.pdf

C Control valve merupakan salah satu bagian terpenting dalam industri proses dan memerlukan perhatian khusus karena bersentuhan langsung dengan fluida proses. Kegagalan katup kontrol akan menyebabkan kegagalan proses. Salah satu penyebab kegagalan control valve adalah korosi, yang menjadi objek studi dalam laporan ini, terjadi pada bushing aktuatornya. Korosi ini menyebabkan diafragma aktuator rusak, sehingga control valve tidak dapat berfungsi dengan baik. Akhirnya, cairan proses yang masuk ke bejana bertekanan tidak dapat dikontrol. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab terjadinya korosi pada bushing aktuator control valve. Penyebab ditentukan dengan menggunakan beberapa metode penelitian dan pengujian, yaitu pengujian visual, uji komposisi kimia, uji struktur mikro, dan pengujian korosi dalam larutan HCI. Dari penelitian dan pengujian ini diketahui bahwa korosi pertama kali diprakarsai oleh pengelupasan lapisan sehingga oksigen lebih mudah bereaksi dengan bahan bushing. Ditemukan juga bahwa komposisi material bushing, terutama sulfur (S) lebih dari maksimum yang diijinkan sesuai standar, sehingga membuat korosi lebih cepat.

C Control valve is one of the most important parts in the process industry and requires special attention as it directly contacts with the process fluid. Control valve failure will thereby cause process failure. One of the cause of control valve failure is corrosion, as the study object in this report, occurred on its actuator bushing. This corrosion causes actuator diaphragm damaged, so the control valve cannot function properly. Finally, process fluid that comes into the pressurized vessel cannot be controlled. The purpose of this study is to determine causes of corrosion on actuator bushing of the control valve. The causes are determined using several methods of research and testing, i.e. visual testing, chemical composition test, microstructure test, and corrosion testing in HCI solution. From this research and testing it is found that the corrosion was firstly initiated by coat peeling, so make oxygen easier to react with bushing material. It is also found that material composition of bushing, especially sulfur (S) more than allowable maximum as per standard, so make corrosion faster.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?