Pengaruh warna pastel pada produk kosmetik terhadap keputusan konsumen remaja wanita
G Gaya hidup remaja wanita saat ini cenderung memiliki tuntutan untuk menunjukkan penampilan dengan daya tarik masing – masing, sehingga mengenakan kosmetik menjadi suatu kebutuhan yang harus dilakukan. Hal tersebut mengakibatkan banyaknya kemunculan berbagai produk kosmetik khusus remaja di Indonesia. Produk kosmetik tersebut cenderung memiliki warna yang cerah atau pastel pada kemasannya yang menarik bagi remaja wanita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh warna pastel pada kemasan kosmetik pada keputusan konsumen remaja wanita. Adapun metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu, metode kombinasi dengan model exploratory sequintial yakni menggabungkan penelitian kualitatif dan kuantitatif secara berurutan. Pada tahap kualitatif dilakukan proses pengumpulan data melalui wawancara terhadap ahli bidang desain komunikasi visual untuk mengidentifikasi warna pada kemasan kosmetik remaja dan wawancara terhadap konsumen remaja wanita untuk mengetahui persepsi dan preferensi mereka terhadap warna pada kemasan kosmetik yang telah teridentifikasi. Hasil dari proses kualitatif digunakan sebagai data untuk melakukan tahap penelitian kuantitatif yang menggunakan metode survey dengan instrumen penelitian. Seluruh data yang telah diperolah dianalisis dan ditarik kesimpulan yang berkaitan dengan tujuan penelitian. Dari penelitian ini, diketahui bahwa warna pastel pada kemasan kosmetik berpengaruh pada keputusan pembelian konsumen remaja wanita. Kemasan kosmetik dengan kombinasi warna pastel berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian yang dilakukan oleh remaja wanita, karena kombinasi warna tersebut sesuai dengan preferensi mereka. Selain itu, perilaku konsumen remaja seperti sifat impulsif menjadi salah satu faktor pendorong remaja wanita untuk melakukan pembelian kosmetik berdasarkan menariknya kombinasi warna pastel yang terdapat pada kemasan kosmetik.
T The current lifestyle of teenage girls tends to have demands to show appearance with their own attractiveness, so wearing cosmetics is a necessity that must be done. This resulted in the emergence of many cosmetic products specifically for teenagers in Indonesia. These cosmetic products tend to have bright or pastel colors on their packaging that are attractive to teenage girls. This study aims to determine the effect of pastel colors on cosmetic packaging on female adolescent consumer decisions. The method used in this study is a combination method with the exploratory sequential model, which combines qualitative and quantitative research sequentially. In the qualitative stage, the data collection process was carried out through interviews with experts in the field of visual communication design to identify colors on teenage cosmetic packaging and interviews with teenage female consumers to find out their perceptions and preferences for colors on identified cosmetic packaging. The results of the qualitative process are used as data to carry out the quantitative research phase using survey methods with research instruments. All data that has been obtained is analyzed and conclusions are drawn relating to the research objectives. From this study, it is known that pastel colors on cosmetic packaging affect the purchasing decisions of teenage girl consumers. Cosmetic packaging with pastel color combinations has a significant effect on the purchasing decisions made by teenage girls because these color combinations are following their preferences of them. In addition, teenage consumer behavior such as impulsivity is one of the factors driving teenage girls to buy cosmetics based on the attractive combination of pastel colors found on cosmetic packaging.