Hubungan keharmonisan keluarga dengan prestasi belajar pada anak remaja
L LATAR BELAKANG : Keluarga adalah lini pertama lembaga pendidikan dimana seorang anak mendapatpembelajaran dan asupan dari semua segi aspek kehidupan. Keluarga merupakantempat pertama kali seorang anak belajar. Banyak faktor yang dapatmempengaruhi prestasi belajar antara lain faktor internal seperti jasmani,psikologis, dan faktor eksternal seperti keluarga dan lingkunganmasyarakat.Penelitian ini bertujuan untuk menilai hubungan keharmonisankeluarga dengan prestasi belajar pada anak remaja.METODEPenelitian ini menggunakan studi observasional dengan desain potong lintang.Subjek penelitian adalah anak remaja. Keharmonisan keluarga di nilai dengankuesioner APGAR Family Score oleh Smilkstein. Prestasi belajar di nilai denganrerata raport. Analisis statistikbivariatdilakukan dengan Uji Chi-Square.HASILSejumlah 156 subjek penelitian telah berpartisipasi dalam penelitian ini. Diperoleh distribusi keluarga yang harmonis sebesar 57% dan distribusi prestasibelajarsiswa di atas rerata sebesar52,6%. Uji statistik menunjukkan tidak adanyahubungan yang bermakna di antara vaiabel(p = 0,368).KESIMPULANTidak terdapat hubungan antara keharmonisan keluarga dengan prestasi belajarpada anak remaja.
B BACKGROUND : Family is the first-line educational institution where a child gets learning andintake from all aspects of life. Family is the first place where a child learns. Manyfactors that affect academic performance include internal factors such as physical,psychological and external factors such as family and communityenvironment.This study aims to assess the relationship of family harmony withacademic performance in adolescents.METHODSThis study used cross-sectional observational design.Research subjects areteenagers ie students and high school students. Family harmony in value withAPGAR Family Score questionnaire by Smilkstein.Academic performance invalue with the average raport. Bivariate statistical analysis was done by Chi-Square Test.RESULTTotal of 156 study subjects have participated in this study. In obtainingharmonious family distribution equal to 57% and distribution of studentachievement above average equal to 52,6%. The statistical test showed nosignificant relation between the variables (p = 0,368).CONCLUSIONThis study shows that there is no relation of family harmony andacademicperformance in adolescents.