Anteseden loyalitas online shopping
T Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang dapatmembentuk loyalitas pelanggan pada online shopping. Sebuah model konseptualdiajukan dan diuji dalam konteks online shopping berbasis online shop yaituLazada.co.id yang merupakan salah satu toko online terbesar di Indonesia.Penelitian ini menggunakan metode non-probability sampling dengan teknikporposive sampling atau judgemental sampling, dimana sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 200 responden yang mengetahui, pernah mengakses dan pernah melakukan pembelian minimal tiga kali pada Lazada.co.id. Alat analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Model (SEM) melalui program AMOS.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif ProductInnovation dan Product Quality terhadap Satisfaction, terdapat pengaruh positifSatisfaction terhadap Reputation dan Trust, terdapat pemgaruh positif VirtualCommunity terhadap Trust, terdapat hubungan positif Trust terhadap Loyalty. Danditemukan bahwa tidak ada pengaruh positif Virtual Community terhadap Reputation dan tidak ada pengaruh positif Reputation terhadap Loyalty. Peneliti yang akan datang diharapkan dapat menyebar kuesioner kepada lebih dari 200 responden agar hasil penelitian dapat lebih digeneralisasi.
T The purpose of this study is to determine the factors that can shape customerloyalty in online shopping. A conceptual model is proposed and tested in the contextof online shopping based online shop that is Lazada.co.id which is one of the largest online store in Indonesia. This research using non-probability sampling method with porposive sampling or judgmental sampling technique, where the sample taken in this study is 200 respondents who knew, had accessed and has made purchases at least three times on Lazada.co.id. The data analysis tool that used was Structural Equation Model (SEM) via AMOS program.The results of this research show that there is a positive influence of ProductInnovation and Product Quality on Satisfaction, there is a positive influence ofSatisfaction on Reputation and Trust, there is positive influence of Virtual Community towards Trust, there is positive relation of Trust to Loyalty. And it wasfound that there is no positive effect of Virtual Community on Reputation and thereis no positive Reputation effect on Loyalty. For future researchers are expected tospread questionnaires to more than 200 respondents so the results can be moregeneralized.