Strategi pengembangan perusahaan konstruksi pondasi bored pile PT. Caisson Dimensi dengan pendekatan balanced scorecard
P PT.Caisson Dimensi merupakan suatu perusahaan konstruksi yang khusus menangani pekerjaan pondasi bored pile sejak tahun 1972, perusahaan ini merupakan kontraktor bored pile pertama di Indonesia dan berhasil bertahan selama 43 tahun dan masih berjalan hingga saat ini. Untuk dapat bertahan, tentu diperlukan suatu strategi yang tepat dan kinerja perusahaan yang optimal. Kondisi persaingan bisnis sekarang ini memaksa perusahaan-perusahaan untuk menyesuaikan diri dalam menghadapi pesaing-pesaing yang akan muncul. PT.Caisson Dimensi juga membutuhkan perencanaan strategi yang matang untuk menghadapi kondisi saat ini. Pernyataan strategi secara eksplisit merupakan kunci keberhasilan dalam menghadapi perubahan lingkungan bisnis. Strategi memberikan kesatuan arah bagi semua anggota organisasi. Bila konsepstrategi tidak jelas, maka keputusan yang diambil akan bersifat subyektif atau berdasarkan intuisi belaka dan mengabaikan keputusan yang lain. Berdasarkanhasil analisa dengan menggunakan Balanced Scorecard Analysis, Internal FactorAnalysis, External Factor Analysis, dan Internal-External Matrix, maka diperolehrekomendasi strategi yang paling tepat untuk PT.Caisson Dimensi dalammenghadapi kondisi persaingan bisnis saat ini. Strategi yang dimaksud adalahstrategi integrasi horizontal, yaitu melakukan kegiatan yang memperluasperusahaan dengan cara membangun di lokasi yang lain dan mengembangkanproduk jasa tersebut.
P PT. Caisson Dimensi is a construction company that specializing in bored pilefoundation since 1972, this company is the first bored pile contractor in Indonesiaand managed to survive for 43 years and still runs today. In order to survive, it’scertainly needed a proper strategy and optimal business performance. Thecompetitive conditions of business today are forcing companies to adapt in facingcompetitors which will emerge. PT. Caisson Dimensi also requires properstrategies to face the current conditions. The statement of strategy explicitly is thesuccessful key in facing the business environment’s changing. Strategies provide aunity direction for all members of the organization. When the concept of strategyis not clear, then the decision will be subjective or based on mere intuition andignore other decisions. Based on the analysis results, by using BalancedScorecard Analysis, Internal Factor Analysis, External Factor Analysis, andInternal-External Matrix, it’s obtained the most appropriate strategy recommendation for PT. Caisson Dimensi in facing today’s competitive business conditions. The strategy is a horizontal integration strategy, which engage in some activities that expand the company by build in another location and develop the products services.