Implementasi enterprise resources planning berbasis odoo pada rumah makan kluwak rawon
R Rumah Makan Kluwak Rawon merupakan sebuah tempat makan yang masih tergolong Usaha Kecil Menengah (UKM) karena proses bisnisnya masih dilakukan secara manual, sehingga pencatatan keuangan maupun pencatatan stok bahan baku tidak tercatat dengan baik yang membuat pengeluaran menjadi tidak teratur. Di zaman yang sudah banyak menggunakan teknologi ini, solusi untuk menyelesaikan permasalahan seperti di atas adalah dengan mengimplementasikan Enterprise Resources Planning (ERP) pada rumah makan tersebut. Software yang digunakan untuk implementasi ERP ini adalah Odoo, karena Odoo memiliki modul-modul yang sesuai untuk menyelesaikan permasalahan di atas, seperti modul Purchasing, Accounting, Inventory, Point Of Sales (POS), Manufacturing, Sales, Contact, dan Website. Dengan diterapkannya sistem ERP pada rumah makan tersebut, maka proses bisnis akan lebih termonitor dan operasional akan berjalan lebih efektif dan efisien, sehingga menguntungkan bagi rumah makan tersebut.
K Kluwak Rawon Restaurant is a place to eat that is still classified as Small and Medium Enterprises (SMEs) because its business processes are still done manually, so that financial records and recording of raw material stocks are not recorded properly which makes expenses irregular. In an era that uses this technology a lot, the solution to solving problems like the one above is to implement Enterprise Resources Planning (ERP) at the restaurant. The software used for this ERP implementation is Odoo, because Odoo has the appropriate modules to solve the above problems, such as Purchasing, Inventory, Point Of Sales (POS) modules, Accounting. With the implementation of the ERP sistem at the restaurant, business processes will be more closely monitored and operations will run more effectively and efficiently, making it profitable for the restaurant.