Model swot balanced scorecard untuk pengukuran kinerja perusahaan PT. Algas Mitra Sejati
P Penelitian ini dilakukan untuk menghasilkan model pengukuran kinerja PT. Algas Mitra Sejati menggunakan SWOT Balanced Scorecard. Model ini dapat digunakan untuk mengukur kinerja perusahaan sehingga dapat diketahui apakah tercapai sasaran yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Observasi merupakan tahapan awal untuk memperoleh data umum perusahaan. Menerjemahkan visi, misi serta tujuan perusahaan merupakan awal tahap pengolahan data, dilanjutkan dengan kajian terhadap faktor internal menggunakan Value Chain Analysis, dan faktor eksternal dengan Porter’s Five Force. Tahap selanjutnya adalah menganalisis matriks SWOT untuk merumuskan strategi yang kemudian dipetakan ke dalam empat perspektif Balanced Scorecard meliputi perspektif pertumbuhan dan pembelajaran, perspektif bisnis internal, perspektif pelanggan, dan perspektif keuangan. Strategy maps dibuat pada tahap selanjutnya, kemudian ditentukan tolok ukur (lag and lead indicator) dan inisiatif strategi. Penentuan key performance indicator (KPI) dan pembobotannya menggunakan metode pairwise comparison. Selanjutnya ditentukan indeks kinerja berdasarkan perspektif SWOT Balanced Scorecard. Nilai indeks kinerja yang dihasilkan pada setiap perspektif adalah perspektif keuangan 3.791, perspektif pelanggan 3.590, perspektif bisnis internal 3.667, serta perspektif pertumbuhan dan pembelajaran 4.625. Berdasarkan hal ini terlihat bahwa indeks kinerja perusahaan pada perspektif keuangan, pelanggan, dan bisnis internal tergolong cukup baik, sedangkan indeks kinerja perusahaan pada perspektif pertumbuhan dan pembelajaran sudah tergolong baik
T This research was conducted to produce a performance measurement model of PT. Algas Mitra Sejati uses the SWOT Balanced Scorecard. This model can be used to measure the company's performance so that it can be seen whether the targets set by the company are achieved. Observation is the initial stage to obtain general company data. The translation of the company's vision, mission and goals is the initial stage of data processing, followed by a study of internal factors using Value Chain Analysis, and external factors using Porter's Five Force. The next stage is to analyze the SWOT matrix to formulate a strategy which is then mapped into fourBalanced Scorecard perspectives including growth and learning perspectives, internal business perspectives, customer perspectives, and financial perspectives. Strategy maps are made at a later stage, then benchmarks (lag and lead indicators) and strategic initiatives are determined. Determination of key performance indicators (KPI) and their weighting uses the pairwise comparison method. Furthermore, the performance index is determined based on the perspective of the SWOT Balanced Scorecard. The performance index value generated in each perspective is a financial perspective of 3,791, a customer perspective of 3,590, an internal business perspective of 3,667, and a growth and learning perspective of 4,625. Based on this, it can be seen that the company's performance index on the financial, customer, and internal business perspectives is still quite good, while thencompany's performance index on the growth and learning perspective is quite good.