P
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Ukuran Perusahaan,Profitabilitas, Pertumbuhan Perusahaan, dan Kepemilikan Saham Publik terhadapPengungkapan Corporate Social Responsibility. Ukuran Perusahaan di proksikandengan SIZE, Profitabilitas di proksikan dengan ROA, Pertumbuhan Perusahaandiproksikan dengan GROWTH, Kepemilikan Saham Publik di proksikan denganKSP. Sedangkan Pengungkapan Corporate Social Responsibility diukur denganmenggunakan CSRDI. Sampel dalam Penelitian ini adalah perusahaan Makanan danMinuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2020 – 2022. DataPenelitian berupa data sekunder yang diperoleh dari Laporan Tahunan dan LaporanSustainabilty Report. Jumlah Perusahaan Makanan dan Minuman yang dijadikansampel sebanyak 34 perusahaan dengan pengamatan selama tiga tahun sehingga totalseluruh pengamatan sebanyak 102. Tehnik yang dilakukan pada pengumpulan dataadalah purposive sampling. Selanjutnya dilakukan uji asumsi klasik, Uji Normalitasdata, Uji Autokolerasi, Uji Heteroskedastisitas, Uji Multikolineritas, Uji RegresiLinear Berganda, Uji Koefisien Determinasi, Uji Kecocokan Model (Uji F), Ujiindividu atau Parsial (Uji T).Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Ukuran Perusahaan dan PertumbuhanPerusahaan tidak berpengaruh terhadap pengungkapan Corporate SocialResponsibility. Sedangkan Profitabilitas dan Kepemilikan Saham Publik berpengaruhpositif dan signifikan terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility.Implikasinya diharapkan untuk Investor, Calon Investor, Perusahaan dapat menjadiinformasi dan sebagai pertimbangan dalam memutuskan untuk melakukan investasipada perusahaan yang tepat dengan tingkat tanggungjawab sosial perusahaan.Keterbatasan pada penelitian ini adalah keterbatasan dalam pengambilan sektorperusahaan serta periode waktu yang digunakan untuk penelitian. Disarankan untukpenelitian selanjutnya agar menggunakan perusahaan yang berbeda danmenggunakan lingkup sampel yang lebih luas, pemilihan periode waktu penelitiandengan variabel yang akan diuji serta penambahan variabel independen.
T
This research aims to analyze the influence of Company Size, Profitability,Company Growth, and Public Share Ownership on Corporate Social ResponsibilityDisclosure. Company size is proxied by SIZE, Profitability is proxied by ROA,Company Growth is proxied by GROWTH, Public Share Ownership is proxied byKSP. Meanwhile, Corporate Social Responsibility Disclosure is measured usingCSRDI. The sample in this research is food and beverage companies listed on theIndonesia Stock Exchange for 2020 - 2022. Research data is in the form of secondarydata obtained from Annual Reports and Sustainability Reports. The number of foodand beverage companies sampled was 34 companies with observations for threeyears, bringing the total number of observations to 102. The technique used for datacollection was purposive sampling. Next, the classical assumption test, datanormality test, autocorrelation test, heteroscedasticity test, multicollinearity test,multiple linear regression test, coefficient of determination test, model suitability test(F test), individual or partial test (T test) are carried out.The results of this research show that company size and company growth haveno effect on corporate social responsibility disclosure. Meanwhile, Profitability andPublic Share Ownership have a positive and significant effect on Corporate SocialResponsibility disclosure. The implications are expected for investors, potentialinvestors and companies to provide information and consideration in deciding toinvest in the right company with the right level of corporate social responsibility. Thelimitations of this research are limitations in taking company sectors and the timeperiod used for research. It is recommended for further research to use differentcompanies and use a wider sample scope, select the research time period with thevariables to be tested and add independent variables.