Desain interior Museum Olahraga Bulu Tangkis Indonesia di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur
B Bulu Tangkis merupakan salah satu olahraga popular di Indonesia. Banyakprestasi yang diraih oleh olahragawan bulu tangkis Indonesia dalam ajangkompetisi nasional maupun internasional. Ini mengingatkan bahwa Indonesiamemiliki banyak sejarah, kenangan, dan penghargaan yang diraih oleh atlet bulutangkis Indonesia. Namun, masyarakat dan pemerintah kurang mengapresiasisecara lebih apa yang telah diraih oleh para olahragawan tersebut. Reputasiolahraga bulu tangkis Indonesia semakin berkembang, sehingga dibutuhkantempat khusus seperti Museum yang dapat memfasilitasi dan mewadahi semuasejarah, prestasi, dan kenangan tersebut. Tujuan perancangan Museum yaitu untukpendidikan, penelitian dan rekreasi. Metode yang digunakan yaitu deskriptifkualitatif, menggunakan teknik observasi dan literatur.Perancangan interior Museum Olahraga Bulu Tangkis Indonesia sebagaiwujud penghargaan bangsa Indonesia dimana kenangan dan sejarah bulu tangkisIndonesia dapat terjaga dan dihargai oleh generasi muda dan penggemar olahragabulu tangkis. Dengan tema “The Spirit of Youth†yang memiliki citra playfuldengan gaya Postmodern yang memadukan campuran bahan dan sudut yang tidakkonvensional dan simetris. Teknologi modern seperti Augmented Reality danVirtual Reality yang menarik bagi masyarakat, khususnya generasi muda akanmenjadikan Museum ini sebagai sarana yang mendukung perkembanganpariwisata Indonesia yang inovatif, edukatif, dan rekreatif.
B Badminton is one of the popular sports in Indonesia. Indonesianbadminton athletes have earned many achievements in national and internationalcompetitions. It reminds us that Indonesia has numerous history, memories, andawards won by Indonesian badminton athletes. However, the public and thegovernment are less appreciative of what these athletes have achieved. Thereputation of Indonesian badminton is escalating, so we need a special place suchas a museum that can facilitate and accommodate all these history, achievements,and memories. The purpose of designing the Museum is for education, research,and recreation. The method used is descriptive qualitative, using observation andliterature study.The interior design of the Indonesian Badminton Sports Museum is a formof appreciation for the Indonesian nation where the memories and history ofIndonesian badminton can be preserved and appreciated by the youngergeneration and badminton fans. The theme “The Spirit of Youth†has a playfulimage with a Postmodern style that combines a mixture of materials and anglesthat are unconventional and symmetrical. Modern technology such as AugmentedReality and Virtual Reality that are attractive to the public, especially the youngergeneration, will make this Museum a means to support the development ofinnovative, educational, and recreational tourism in Indonesia.