P
Pemeriksaan radiografi merupakan salah satu pemeriksaan penunjang yang berfungsi untuk menegakkan diagnosis dan merencanakan terapi yang akan digunakan. Kualitas radiograf yang buruk dapat menyebabkan kesalahan informasi dan pengambilan radiografi yang berulang-ulang, sehingga menyebabkan paparan radiasi yang terlalu banyak. Salah satu faktor dari kualitas radiograf yang buruk adalah kompetensi operator dalam mengetahui kesalahan dalam pengambilan radiograf. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi tingkat pengetahuan mahasiswa profesi FKG USAKTI terhadap kegagalan pengambilan radiograf periapikal di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti. Pada penelitian deskriptif ini digunakan 50 kuesioner yang telah diisi oleh mahasiswa profesi FKG USAKTI pada stase radiologi bulan November 2018 – Januari 2019. Hasil yang didapatkan adalah 31 mahasiswa profesi FKG USAKTI (62%) mempunyai tingkat pengetahuan yang baik terhadap kegagalan radiografi teknik periapikal, 13 mahasiswa profesi FKG USAKTI (26%) mempunyai tingkat pengetahuan yang cukup terhadap kegagalan radiografi teknik periapikal dan 5 mahasiswa profesi FKG USAKTI (10%) mempunyai tingkat pengetahuan yang buruk terhadap kegagalan radiografi teknik periapikal. Dari 153 radiograf periapikal, terdapat 71 radiograf yang mengalami kegagalan. 23 radiograf mengalami cone-cutting (33%), 20 radiograf mengalami elongasi (28%), 12 radiograf yang terlihat miring atau terbalik (17%), 10 radiograf mengalami fore-shortening (14%) dan 6 radiograf mengalami superimposed teeth (8%). Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa tingkat pengetahuan mahasiswa profesi FKG USAKTI terhadap kegagalan radiograf periapikal tergolong baik dan kegagalan radiograf yang paling banyak dilakukan oleh mahasiswa profesi FKG USAKTI adalah cone-cutting.
R
Radiography examination is one of the ancillary examinations to determine diagnose and treatment plan. However, poor quality radiographs can cause information errors and repetitive radiographic exposure. One of the factors that cause poor quality radiographs is the competence of operator in understanding the radiographic errors. The purpose of this study was to analyze the knowledge level of clinical students about the errors cause in periapical radiographs at the Dental and Oral Hospital of the Faculty of Dentistry, Trisakti University. In this descriptive study, 50 questionnaires were filled by clinical students of Trisakti University in radiology department on November 2018 – January 2019. The results are 31 clinical students (62%) had good level of knowledge on errors in periapical radiography, 13 clinical students (26%) had a sufficient level of knowledge, and 6 clinical students (10%) had poor level of knowledge. The total number of periapical radiographs taken by clinical students were 153, of which 71 radiographs considered as radiographic errors. The errors are cone-cutting (23;33%), elongation (20;28%), tilted or reversed radiographs (12;17%), fore-shortening (10;14%) and superimposed teeth (6;8%). From these results, it can be concluded that the knowledge level of clinical students of Trisakti University classified as good and the most common radiographic errors done by clinical students of Trisakti University is cone-cutting.