Pengaruh persentase saham yang ditawarkan, reputasi auditor, financial leverage terhadap underpricing dengan profitabilitas sebagai variabel moderasi
P Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh persentase saham yang di tawarkan, reputasi auditor, financial leverage terhadap underpricing saham dengan profitabilitas sebagai variabel moderasi. Data yang digunakan merupakandata sekunder yang di peroleh dari laporan keuangan perusahaan yang terdaftar diBursa Efek Indonesia (BEI) periode 2014-2017. Sampel dalam penelitian sejumlah79 perusahaan. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresilinear berganda. Alat analisis yang digunakan untuk pengujian hipotesis adalah SPSS23. Hasil analisis menunjukkan persentase saham yang ditawarkan, reputasi auditor,profitabilitas tidak berpengaruh terhadap underpricing. Financial leverageberpengaruh negatif terhadap underpricing. Profitabilitas tidak memperkuatpengaruh persentase saham yang di tawarkan, reputasi auditor, financial leverageterhadap underpricing
T The purpose of this research was to determine the influence of percentage of shares offered, auditor reputation, financial leverage on underpricing of shares with profitability as a moderating variabel. The data used is secondary data obtained from the financial statements of companies listed on the Indonesia Stock Exchange(IDX) for the 2014-2017 period. The sample in the study was 79 companies. Thean alysis technique used in this study is multiple linear regression. The analytical toolused for hypothesis testing is SPSS 23. The analysis results show the percentage ofshares offered, auditor reputation, profitability does not affect underpricing.Financial leverage has a negative effect on underpricing. Profitability does notstrengthen the influence of the percentage of shares offered, auditor reputation,financial leverage on underpricing