Pengaruh profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan dengan CSR sebagai pemoderasi
T Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh profitabilitasdan ukuran Perusahaan terhadap nilai perusahaan, serta mengetahui peran CSR dalam memoderasi pengaruh hubungan kausal tersebut padaprofitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan partisipanIndonesian Sustainability Reporting Award (ISRA). Penelitian ini mengambilsampel 20 perusahaan selama periode penelitian yaitu tahun 2014-2015dengan menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisismenggunakan 2 (dua) metode : uji regresi linier berganda untuk mengujipengaruh antara variabel bebas secara parsial terhadap variabel terikat, dan ujinilai selisih mutlak untuk mengetahui apakah variabel moderasi mampumemoderasi hubungan antara variabel bebas dan variabel terikat. Hasilpengujian hipotesis menunjukan bahwa profitabilitas secara parsialberpengaruh terhadap nilai perusahaan akan tetapi ukuran perusahaan danCSR tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Serta CSR tidak mampumemoderasi pengaruh profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap nilaiperusahaan.
T The purpose of this study was to determine the effect of profitabilityand size of the Company's value, and to know the role of CSR in themoderating influence of the causal relationship to the profitability and size ofthe company’s value of participating companies Indonesian SustainabilityReporting Award (ISRA). This study took a sample 20 companies during thestudy period the year 2014-2015 by using purposive sampling method. Theanalysis technique using two (2) methods : multiple regression analysis totest the effect of independent variables partially on the dependent variable,and the absolute value of the difference test to determine whether themoderating variables able to moderate the relationship between independentvariables and the dependent variable. Hypothesis testing results show thatprofitability is partially affect the value of the company but the size of thecompany’s value and CSR has no effect on the value of the company, andCSR is not able to moderate the effect of profitability and the size of thecompany to corporate value.