Analisis pengaruh karakteristik perusahaan terhadap tingkat underpricing pada penawaran saham perdana
P Pada saat perusahaan melakukan penawaran saham di pasar perdana, tidak jarang adanya harga penutupan yang lebih tinggi dibandingkan harga penawaranya. Hal tersebut dikenal dengan underpricing. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah adanya pengaruh antara karakteristik perusahaan terhadap tingkat underpricing di pasar perdana.Analisis data dilakukan dengan metode regresi berganda untuk menguji pengaruh antara karakteristik perusahaan (umur perusahaan, ukuran perusahaan, kinerja perusahaan, sektor industri, aktivitas ekspor) dengan tingkat underpricing. Penarikan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 145 perusahaan yang melakukan IPO dan mengalami underpricing di BEI mulai dari tahun 2005-2014.Hasil pengujian dalam penelitian ini membuktikan bahwa ukuran perusahaan, kinerja perusahaan dan sektor industri secara parsial memiliki pengaruh negative terhadap tingkat underpricing. Namun, umur perusahaan dan aktivitas ekspor tidak memiliki pengaruh signifikan dengan tingkat underpricing.