Pengembangan dashboard penjualan di pt semen indonesia (persero) tbk
P PT Semen Indonesia (Persero) Tbk merupakan perusahaan yang membutuhkan data serta informasi yang mempunyai kualitas terbaik. Sebagai perusahaan yang bergerak dibidang produksi bahan bangunan, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk masih kurangnya kualitas informasi dan fasilitas pendukung pengambilan keputusan penjualan yang efektif dalam penjualan platform SobatBangun. Salah satunya tim Sobat Bangun masih menggunakan Spreadsheets dalam pengelolaan sehigga dapat menimbulkan masalah seperti kesalahan dalam melakukan input data, kesulitan dalam mengakses dan mengolah data, serta keterhambatannya dalam pengambilan keputusan. Untuk mengatasi masalah tersebut, penelitian ini melakukan pengembangan dashboard menggunakan software Tableau. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi dan wawancara. Alat analisis yang digunakan Tableau dengan menggunakan beberapa grafik. Tahapan penelitian ini dari pengumpulan data dari tim SobatBangun, setelah itu pembangunan visualisasi dashboard menggunakan software Tableau dan tahapan terakhir yaitu pengujian dengan metode kualitatif yaitu pengujian kualitas oleh pengguna (blackbox dan User Acceptance Test) terhadap visualisasi dashboard. Hasil dari penelitian ini dapat mengembangkan sebuah visualisasi dashboard yang berisikan informasi terkait penjualan sehingga dapat membantu pihak perusahaan dalam menentukan evaluasi penjualan dan hasil pengujian yang dilakukan mendapatkan persentase penerimaan sebesar 95%.
P PT Semen Indonesia (Persero) Tbk a company that requires high-quality data and information. As a company engaged in the production of building materials, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk still lacks quality information and supporting facilities for effective sales decision-making on the SobatBangun platform. One of the issues is that the SobatBangun team still uses spreadsheets for data management, which can lead to problems such as data entry errors, difficulties in accessing and processing data, and delays in decision-making. This research involves the development of a dashboard using Tableau software. Data collection methods include observation and interviews. The analytical tool used is Tableau, utilizing various charts. The research stages include data collection from the SobatBangun team, followed by the development of the dashboard visualization using Tableau software, and the final stage is testing with qualitative methods, namely user quality testing (blackbox and User Acceptance Test) of the dashboard visualization.The results of this research lead to the development of a dashboard visualization containing sales-related information, which can help the company in evaluating sales. The testing results show an acceptance rate of 95%.