Perancangan animasi augmented reality pada desain buku komik tentang pembelajaran sikap prososial pada anak sd
S Sikap prososial adalah sikap baik yang patut dimiliki oleh anak, anak yang tidak memiliki sikap prososial akan menjadi anak yang memiliki sikap anti-sosial. Sikap anti-sosial tidak hanya menghambat pergaulan dan sikap komunikasi anak, tetapi juga menganggu aspek lain dari anak tersebut, seperti persepsi masyarakat pada seorang individu, edukasi, dan bahkan sampai kesehatan mental atau fisik. Perancangan ini dibuat untuk mempromosikan sikap prososial pada anak, dengan menceritakan narasi tentang prososial, ilustrasi komik dan video animasi augmented reality yang menarik untuk memikat perhatian anak. Perancangan ini memanfaatkan metode penelitian kualitatif deskriptif. Beberapa metode pengumpulan data yang dilakukan adalah studi literatur, dan penelitian sekunder, Beberapa data adalah kuantitatif, digunakan saat meninjau beberapa peneletian sebelumnya yang sudah melakukan angket dalam proses penelitian sekunder. Kemudian data-data tersebut dianalisis dan disusun dalam format 5W+1H. Hasil analisis membawakan hasil bahwa buku dengan teknologi augmented reality meningkatkan pemahaman dan immersive pada anak, dan data menunjukan bahwa banyaknya pengunaan smartphone dengan teknologi augmented reality, membuat perancangan buku komik dengan teknologi augmented reality adalah sesuatu yang memungkinkan dan sikap anti-sosial adalah sikap yang harus dilawan oleh prososial, karena itu perancangan buku komik dengan teknologi augmented reality adalah solusi yang tepat untuk menarik dan memukau anak dalam perkenalan sifat prososial pada mereka
P Prosocial behavior is a good thing to have for growing children, but for those who forfeit prosocial behavior will be substituted by anti-social behavior, the anti-social behavior not only inhibit one’s social growth and communication, but also other aspect of the child’s life such as public’s perception to the individual, education, both mental and physical health. This final project is designed to be a media to promote the good behavior of prosocial for children, with the use of narration about prosocial, intriguing illustration and augmented reality animation with the children’s interest in mind. This final project’s means of method of collecting qualitative data is as follows study of literature, and secondary research. A few data collected is quantitative mainly within the method of some prerecorded survey reports of other research within the method of secondary research. All data that has been collected will be arranged and be analyzed into a 5W+1H format. Research shown that augmented book has significant impact on learning mainly it is more immersive, data concluded that comic book with augmented reality could possible, and anti-social is something we need to take care of with prosocial as the solution, thus the design of a comic book about prosocial behavior with augmented reality is nothing less than a perfect solution to intrigue and introduce children with the good deeds of prosocial behavior.